DaerahJawa TimurSitubondo

Kepala KSOP Kelas IV Panarukan: Pemudik Gratis ke Pulau Raas Bisa Lewat Pelabuhan Celukan Bawang Singaraja Bali

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Untuk mengurai kepadatan atau penumpukan penumpang angkutan lebaran di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, membuka rute baru dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Pelabuhan Raas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Kepulaan Madura, Selasa (02/04/2024).

Keterangan yang disampaikan Herland Aprilyanto, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo usai ikut melepas keberangkatan mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pelabuhan Raas membenarkan, jika Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah membuka rute pelayaran baru dari dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Pelabuhan Raas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Kepulaan Madura.

“Rute baru itu disetujui atas permintaan atau permohonan Bupati Sumenep kepada Kementerian Perhubungan RI. Disetujuinya permohonan Bupati Sumenep tersebut terungkap, ketika Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi, melakukan kunjungan kerja ke kantor KSOP Kelas IV Kalianget, Kabupaten Sumenep,” jelas Herland ketika berada di Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Lebih lanjut, Herland mengatakan, rute pelayaran baru dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Pelabuhan Raas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep bertujuan untuk mengurai penumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar Situbondo. “Penumpang yang akan mudik lebaran gratis mulai besok sudah bisa dilayani dari Pelabuhan Celukan Bawang, Singaraja, Provinsi Bali,” jelas Kepala KSOP Kelas IV Panrukan.

Menurut Herland, rute pelayaran baru dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Pelabuhan Raas untuk penumpang mudik gratis ini, menggunakan 4 kapal navigasi, antara lain KM Nisan, KM Nusa Penida, KM Masalembu dan KM Bima Sakti.

“Bantuan kapal navigasi dari Kemementerian Perhubungan RI, khusus untuk mengangkut penumpang orang dan tidak mengangkut kendaraan. Dengan adanya 4 kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, diharapkan seluruh pemudik gratis dari Bali menuju Raas bisa terangkut dan di Pelabuhan Jangkar tidak ada penumpukan penumpang yang menuju Raas,” kata Herland.

Herland mengatakan, kuota penumpang kapal dari Pelabuhan Celukan Bawang Singaraja Bali menuju Pelabuhan Raas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep tersebut berbeda-beda. Semakin besar kapalnya semakin banyak kuota penumpangnya. “ Melihat Pelabuhan Jangkar yang memiliki satu dermaga dengan melayani kapal penumpang dari Pelabuhan Jangkar Situbondo – Lembar NTB dan melayani kapal-kapal dari Kepulauan Madura, maka kami khawatir akan terjadi trobel sehingga reken-rekan membaypass penumpang dari Bali. Karena pemudik yang menuju Raas sebanyak 85 persen dari Bali,” pungkas Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo. (Heru / Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button