DaerahJawa TimurSitubondo

Kepala KSOP Panarukan: Dishub Jatim Siapkan Armada Mudik Gratis Rute Pelabuhan Jangkar – Raas

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur memberikan pelayanan mudik dan balik gratis pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mudik gratis itu, akan dimulai pada tanggal 2 April 2024 mendatang, Minggu (24/03/2024).

Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyediakan satu unit armada kapal laut untuk membawa masyarakat Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Erland Apriyanto Kepala Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panarukan, Kabupaten Situbondo menjelaskan bahwa, Pemprov Jatim menyediakan satu armada kapal laut yaitu KMP Wicitra Dharma I untuk mengangkut pemudik secara gratis rute Pelabuhan Jangkar menuju ke Pelabuhan Raas Madura, pada tanggal 2, 4, 6, 8 April 2024.

“Angkutan mudik dan balik gratis Lebaran ini hanya untuk penumpang dan kendaraan roda dua saja. Petugas tidak akan menerima angkutan mobil roda empat dan truk pengangkut barang,” jelas  Kepala Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panarukan, Kabupaten Situbondo saat berada di kantor Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Lebih lanjut, Erland menjelaskan bahwa PT Dharma Dwipa Utama (DDU) kembali dipercaya untuk mengangkut mudik Lebaran gratis tahun ini. “Jadi, pemberangkatan dari Pelabuhan Jangkar ke Pelabuhan Raas sebanyak empat trip untuk mudik. Sedangkan, pasca Lebaran atau arus balik gratis, KMP Wicitra Dharma I memberangkatkan tiga trip dari Raas Madura menuju ke Pelabuhan Jangkar Situbondo,” jelasnya.

Kapasitas muatan KMP Wicitra Dharma I dalam satu kali keberangkatan, lanjut Erland, yakni sebanyak 250 orang penumpang dan 150 unit kendaraan sepeda motor. “Program angkutan mudik dan balik gratis ini, hanya melayani penumpang dan kendaraan sepeda motor saja,” pngkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button