Politik

Kepemimpinan Husler Antarkan PDAM Luwu Timur Jadi Tipe B Raih Status Sehat

Lutim Sulsel.Beritanasional.id — Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dimana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur, telah berhasil meningkatkan kategori Perusahaan dari Tipe A (Pelanggan 1000-10.000) menjadi Tipe B Pelanggan diatas 11.000 Sambungan Rumah (SR).

Begitupun tingkat kesehatan Perusahaan dari Kurang Sehat menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Luwu Timur yang berstatus Sehat. Itu tentunya, menjadi satu prestasi tersendiri yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, dibawah kepemimpinan Bupati Ir. H. Muh. Thoriq Husler.

Pencapaian itu tentunya, tak terlepas dari dukungan dan kepercayaan penuh yang diberikan oleh Bupati Ir. H. Muh. Thoriq Husler, dimana telah memberikan kepercayaan penuh kepada Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur tanpa tekanan ataupun intervensi utamanya, dalam hal Keuangan.

Hal tersebut, direalisasikan melalui Perda Penyertaan Modal yang cukup pantastis 2018-2020 sebesar 18,5 M, dilanjutkan 2020-2024 senilai 45 M yang Insya Allah akan diberikan setiap Tahun sesuai permintaan PDAM. Perda itu tujuannya untuk mengikuti Program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam hal pemasangan Sambungan Rumah (SR) kepada masyarakat berpenghasilan Rendah. Ungkap Plt. Direktur PDAM Kabupaten Luwu Timur Syaiful, kepada media ini.

Katanya, status Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sehat itu dapat diraih berdasarkan penilaian Kinerja dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sesuai Indikator Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyedian Air Minum (BPPSPAM). Dimana penilaian melihat dari empat Aspek yaitu Keuangan, Pelayanan, Operasi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Ucap Plt. Direktur PDAM Kabupaten Luwu Timur Syaiful.

Pada Tahun 2018, PDAM Kabupaten Luwu Timur, untuk yang pertama kalinya dapat meraih status PDAM Sehat berdasarkan hasil penilain Kinerja dari BPKP berdasarkan indikator BPPSPAM dengan berhasil mendapatkan nilai sebesar 2.945, dan Tahun 2020 berdasarkan notisi simpulan sementara dari hasil Evaluasi Kinerja Tahun Buku 2019 berdasarkan penilaian Kinerja indikator BPPSPAM menjadi 2.990 dengan status Sehat. “Alhamdulillah bisa mempertahankan nilai Sehat dengan sedikit peningkatan dibandingkan Tahun sebelumnya 0,045”. Tutur Plt. Direktur PDAM Kabupaten Luwu Timur Syaiful.

Alhamdulillah dengan adanya kepercayaan dari Bapak Bupati memberikan Perda Penyertaan Modal kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur, menjadi acuan kami untuk bekerja dan mengusulkan kepada Kementrian PUPR Pemasangan Sambungan Rumah (SR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dimana telah terealisasi pada Tahun 2018 sebanyak 1500 SR, Tahun 2019 sebanyak 4000 SR dan Tahun ini 2020 masih sebanyak 4000 SR. Dan hal tersebut, sudah saya laporkan kepada Bapak Bupati. Tutup Plt. Direktur PDAM Syaiful. (JTT).

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close