DaerahRiau

Keripik Ari-ari Batang Pisang Jadi Sorotan Pada Helat Pelalawan 2022

Beritanasional.id, Pelalawan — Helat Pelalawan yang sebelumnya merupakan Pelalawan Expo ini digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pelalawan ke 23 tahun 2022 pada tanggal 08 sampai 12 Oktober 2022 di Lapangan Bola Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Menyongsong tema “Ekonomi Bangkit, Pelalawan Maju” Bupati Pelalawan, H.Zukri mengajak pelaku UMKM untuk turut berpartisipasi dalam memeriahkan Helat Pelalawan 2022 ini dengan mendirikan stand selama pelaksanaan Helat Pelalawan berlangsung.

Tampak kurang lebih 100 stand yang berdiri ditengah-tengah lapangan bola Pangakalan Kerinci meramaikan acara tersebut. Diantara 100 stand yang ada, terdapat sebuah stand UMKM yang menjual produk cukup unik, yaitu Keripik Ari-ari Batang Pisang. Ibu Nur panggilan pemilik UMKM tersebut yang memang menjual berbagai kue kering pada kesehariannya, dirinya mengatakan bahwa memang ingin membuat sesuatu yang unik pada perayaan Helat Pelalawan ini.

“Keseharian saya memang menjual kue kering dan menerima pesanan untuk kue lebaran seperti peyek, bangkit, dan lainnya. Kebetulan saya dapat informasi bahwa pada perayaan Helat Pelalawan ini mengundang para pelaku UMKM untuk mengisi stand yang ada di lapangan Pangkalan Kerinci ini, makanya saya berinisiatif untuk membuat sebuah produk yang unik untuk dipasarkan hingga dapatlah ide untuk membuat keripik dari olahan ari-ari batang pisang dan Alhamdulillah keripik ari-ari batang pisangnya sudah habis terjual sampai saat ini” Ungkapnya.

Ibu Nur juga memaparkan bahan dan cara pembuatan keripik ari-ari batang pisang secara ringkas kepada media saat diminta keterangannya mengenai proses pembuatan keripik tersebut.

“Sebenernya saya hanya memanfaatkan batang pisang yang sudah dipanen buahnya lalu dicampurkan dengan beberapa bahan adonan seperti tepung beras, tepung tapioca, bawang putih bubuk dan garam secukupnya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama lembar pelepah pisang itu dicuci bersih kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan, setelah itu kupas kulit bagian terluarnya, lalu ari-ari pelepah batang pisang dicuci bersih secara berulang kali hingga getaknya hilang, kemudian potongan ari-ari itu ditiriskan beberapa saat untuk mengurangi kadar airnya, setelah itu lumuri potongan ari-ari tadi pada adonan bahan yang sudah dicampur merata baru digoreng  dengan api yang tidak terlalu besar dan tiriskan pada wadah tertutup selama 2 hari agar minyaknya benar-benar kering, terakhir lakukan pengemasan untuk pemasaran produk” paparnya.

Diantara masyarakat yang berkeliling disekitar acara Helat Pelalawan tersebut, tak sedikit pengunjung terlihat penasaran melihat stand yang menjual ari-ari batang pisang, salah satunya Eko yang saat itu tengah melihat dan ingin mencoba keripik ari-ari batang pisang tersebut karena penasaran. “Dari semua stand yang ada saya terfokus pada stand ini karena sangat menarik perhatian dan membuat saya penasaran. Menurut saya produk ini juga terbilang jajanan unik. Setelah saya mencobanya ternyata rasanya enak dan gurih ketika dimakan. Sukses selalu keripik ari-ari batang pisang” Pungkas Eko. (Biru/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button