Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Politik

Kesbangpol Prov Sulbar Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Memberi Pendidikan Bagi Pemilih Pemula Agar Dapat Menentukan Pilihannya Sendiri

image_pdf

Polman Sulbar . Berita Nasional.ID –SekertarisI Kesbangpol Sulbar Muhammad Salil. SE.M.Si mengatakan, berdasarkan data dari KPU Sulawesi Barat terdapat 28 ribu lebih pemilih pemula yang memang masih perlu mendapatkan pendidikan Politik apalagi pemilihan tahun ini merupakan pemilu yang pertama kali dilaksanakan dengan lima surat suara sekaligus akan coblos untuk itu kita hadirkan Komisioner Bawaslu yang dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Sulbar Usman Sanjaya dan Komisioner KPU Sulbar Dr.DFarhanuddin sekaligus membawakan materi dalam Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula tahun 2019 yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov Sulbar, Jumat , 29 Maret.

Komisioner KPU Dr.Farhan bersama Usman Sanjaya Bawaslu Sulbar dan Kabid Politik Kesbangpol Prov Sulbar Asri (foto Bernas)

“generasi mudah selalu diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan yang akan dilaksanakan tentunya ini kesan pertama bagi pemilih pemula sehingga perlu diberikan pendidikan budaya politik” terang Muhammad Salil.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Panitia pelaksana sosialisasi pendidikan budaya politik bagi pemilih pemula ini yang bertujuan agar dalam pemilihan berdemokrasi mereka bisa menentukan pilihannya sendiri tanpa ada tekanan dari orang lain.

“yang diundang ini ada lebih seratus peserta yang terdiri dari pelajar SMA yang telah berusia 17 atau sudah bisa memilih dan yang baru masuk di perguruan tinggi dan ini merupakan sosialisasi kali ketiga dilakukan yakni dua kali di Polman dan satu kali di Mamuju” terang Kabid Politik Kesbangpol Sulbar Asri.

Lanjutnya, pentingnya sosialisasi ini bagi pemilih pemula karena pemilihan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana tahun ini terdapat lima kertas suara sekaligus yang akan dicoblos untuk itu kita hadirkan dari KPU untuk memberikan pemahan kepada peserta, kemudian dari Bawaslu untuk pengawasan jalannya pemilu. dan dari Kesbangpol sendiri

Ditempat yang sama Dr.Farhan juga  mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan menghindari golput pada tgl 17 april mendatang , ucap Farhan.

 

Show More

Related Articles

Close