ACEHPolitik

Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak : Kirab Pemilu 2024 Momentum Upaya Sosialisasi Kepada Seluruh Elemen Masyarakat

ACEH TAMIANG — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Langsa menghantarkan Kirab Pemilu 2024 ke KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (3/4/2023). Prosesi serah terima dilaksanakan di Sekretariat KIP Kabupaten Aceh Tamiang diserahkan langsung oleh Ketua KIP Langsa, T Faisal kepada Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim.

“Kirab pemilu 2024 ini merupakan program nasional dalam rangka menyongsong satu tahun akan diselenggarakannya pemilu serentak tahun 2024” jelas Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim kepada Beritanasional.id usai pelaksanaan pelepasan Mobil Kirab Pemilu 2024 oleh Pj Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH.

Ishak menyampaikan tujuan dari Kirab Pemilu ini adalah sebagai bentuk Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada seluruh elemen masyarakat Aceh Tamiang dalam rangka persiapan Pemilu Tahun 2024.

“Mobil Kirab ini nantinya akan kita kirabkan ke 12 Kecamatan di Aceh Tamiang dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat tentang informasi seputar pemilih dan Pemilu Tahun 2024 nanti,” jelasnya.

Kemudian sambung Ishak, dengan kirab ini juga pihaknya ingin sampaikan kepada masyarakat bahwa KIP Aceh Tamiang sebagai penyelenggara siap melaksanakan Pemilu 2024.

Ia berharap dengan adanya Kirab Pemilu ini dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024.

Kemudian sambung Ishak, KIP Kabupaten Aceh Tamiang akan mengelilingi Bendera Kirab Pemilu keseluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang sampai dengan tanggal 8 April 2023.

“Tanggal 9 April 2023,  Bendera Kirab Pemilu akan diserahkan ke KPU Kabupaten Langkat – Sumut,” jelas Ishak mengakhiri.

Perlu dketahui bersama satu tahun jelang pemungutan suara 14 Februari 2024, bendera partai politik (parpol) peserta pemilu sebanyak 24 partai dengan rincian 18 parpol nasional dan 6 parpol lokal Aceh, diarak secara estafet dari tujuh daerah di Indonesia menuju Jakarta

Iring-iringan mobil yang membawa 18 bendera partai politik nasional dan 6 bendera partai lokal Aceh dilengkapi tulisan ajakan untuk mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Tujuh daerah yang menjadi titik awal Kirab Pemilu 2024 itu adalah Aceh, Kota Batam (Kepulauan Riau), Pontianak (Kalimantan Barat), Tanjung Selor (Kalimantan Utara), Morotai (Maluku Utara), Kupang (Nusa Tenggara Timur), dan Jayapura (Papua). Dari kota-kota itu, bendera partai-partai politik peserta Pemilu 2024 diarak secara estafet ke kota-kota lain dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada November 2023.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button