Selamat atas Pelantikan dan Pengucapan Sumpah / Janji Anggota DPRK Aceh Besar, Masa Jabatan 2019-2024
Daerah

Kinerja BPBD Tangani Korban Terdampak Banjir Alasmalang Diapresiasi Ketua DPRD Banyuwangi

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Selain mendapat kunjungan dan gerojokan bantuan dana dari Kemensos RI, Senin kemarin (2/7/18) tepat pukul 10.00 WIB, korban terdampak banjir bandang di Alasmalang Singojuruh juga disambangi ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara SE bersama beberapa anggotanya. Bahkan dengan dipandu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Banyuwangi Fajar Suasana, rombongan anggota legislatif Bumi Blambangan itu blusukan di lokasi terdampak banjir.

Kepada media ini, Made Cahyana Negara menyatakan, penanganan korban banjir bandang di Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh oleh pemerintah daerah, melalui BPBD Kabupaten Banyuwangi sudah tergolong cepat dan baik. “Penetapan status tanggap darurat bencana yang telah diperpanjang hingga 6 Juli 2018 oleh Bupati Banyuwangi merupakan kebijakan yang sangat tepat, karena ini juga untuk mempercepat pemulihan kondisi pasca bencana banjir bandang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Made juga mengapresiasi kerja pemerintah daerah dalam hal penanganan korban terdampak bencana banjir.

“Sudah kita lihat bersama, seluruh kebutuhan warga terdampak banjir bandang Sungai Badeng sudah tercukupi dari anggaran belanja tak terduga pemerintah daerah maupun dari sumbangan pihak lain. Anggaran ini antara lain dipergunakan untuk penyediaan dapur umum, air bersih, dan pembiayaan lainnya yang harus segera diselesaikan,” papar Made lagi.

I Made Cahyana Negara yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi ini mengakui, penanganan korban terdampak banjir sudah baik. “Kebutuhan pangan maupun sandang warga terdampak banjir sudah terpenuhi,” pungkasnya.

Sementara Kalaksa BPBD Banyuwangi Fajar Suasana menegaskan, progres pekerjaan pengerukan dan pengangkutan material lumpur, pasir maupun kayu dikawasan pemukimam maupun di jalan jalan lingkungan sudah mencapai 80 persen.

“Material yang masuk kawasan pemukiman, Alhamdulillah tinggal penyemprotan saja. Namun untuk material yang masuk rumah warga, kita butuh waktu. Karena akses jalannya kecil, sehinggga kendaraan pengangkut tidak bisa masuk,” ungkapnya.

Untuk penanganan rumah warga yang mengalami kerusakan berat, BPBD akan menyalurkan beberapa bantuan material bangunan yang saat ini sudah tersedia. Diantaranya ada semen, cat dan lain lainnya. “Bahan bangunan ini nantinya akan kita perbantukan kepada warga yang rumahnya rusak, ” tandas Fajar Suasana. (red)

Caption : Ketua DPRD Made Cahyana Negara didampingi Kalaksa BPBD Banyuwangi Fajar Suasana saat blusukan meninjau lokasi banjir bandang Alasmalang

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close