Hukum & Kriminal

KIPP Gorontalo Pastikan Akan Kawal Proses Penanganan Pelanggaran Pemilu

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Proses penanganan kasus dugaan tindak pidana pemilu di Bone Bolango mendapatkan perhatian dari Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Provinsi Gorontalo. Kepada media ini Ketua KIPP Provinsi Gorontalo Kadir Mertosono mengatakan bahwa KIPP Provinsi Gorontalo akan terus memantau proses penanganan laporan maupun temuan dugaan pelanggaran Pemilu yang telah ditangani ataupun sementara berproses baik di Bawaslu maupun di Kepolisian dan Kejaksaan.

“Salah satunya kasus dugaan pemalsuan dokumen caleg di Bone Bolango yang saat ini telah dilimpahkan ke Kejaksaan,” kata Kadir, Jum’at (19/4/2024).

Kadir menegaskan bahwa pihaknya ingin memastikan bahwa proses penanganan laporan atau temuan yang ada di Bawaslu Provinsi Gorontalo, Bawaslu Bone Bolango, Bawaslu Kabupaten Boalemo, Bawaslu Gorontalo Utara dan Bawaslu Kota Gorontalo dilakukan secara profesional dan berintegritas, menggunakan pola yang sama, dan tidak ada tebang pilih dalam penegakan keadilan Pemilu. Ia pun berharap agar seluruh pihak baik Bawaslu maupun APH senantiasa bekerja secara profesional sesuai ketentuan perundangan-undangan dalam penanganan seluruh kasus dugaan tindak pidana pemilu.

“Kami melakukan pemantauan dan advokasi semata mata untuk memastikan pemilu berjalan berdasarkan asas, prinsip dan tujuan pengaturan pemilu,” pungkasnya.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button