DPRD Prov Sulbar

Komisi III DPRD Sulbar Apresiasi Kinerja ESDM

aberitaNasional.ID.Sulbar —Komisi III DPRD Sulbar melakukan rapat dengan dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov.Sulbar. Selasa, (20/04/20). Rapat tersebut dalam rangka membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemprov.Sulbar tahun anggaran 2020.

Kepala Dinas ESDM Sulbar Amri Eka Sakti menjelaskan prihal capaian program dan realisasi anggaran kepada komisi III DPRD Sulbar. Ia menjelaskan bahwa tahun 2020 lalu pihaknya mengelola anggaran kurang lebih 3 Milyar rupiah. Hasilnya sebanyak 96 persen anggaran tersebut terserap dan dapat dinikmati masyarakat Sulbar.

“Sebenarnya anggaran kami sangat terbatas, meski demikian kami tetap berusaha bekerja maksimal. Program prioritas kami di tahun 2020 yakni bantuan listrik gratis dan pengadaan sumur bor. Semuanya berjalan sesuai target.”jelasnya.

Menanggapi hal itu, ketua komisi III DPRD Sulbar Ir.Andi Muslim Fattah mengapresiasi dan memuji kinerja dinas ESDM Sulbar. Meski demikian politisi partai Golkar itu mendorong agar kinerja dinas ESDM dapat lebih ditingkatkan.

“Bantuan listrik ke masyarakat harus terus kita berikan. Namun data penerima bantuannya harus di perbaiki, kita minta dinas ESDM lebih produktif, tidak lebih banyak kegiatan yang sifatnya sosialisasi dan perjalanan dinas.”terangnya.

Anggota DPRD Sulbar asal Polman itu mengungkapkan berdasarkan data dari dinas ESDM Sulbar masih terdapat 40 desa di Sulbar yang belum menikmati aliran listrik, karena itu Ia mendorong agar hal itu menjadi perhatian serius dinas ESDM Sulbar.

hal yang menjadi rekomendasi komisi III diantaranya soal penelitian pemetaan kebutuhan listrik hingga ditingkat dusun, perbaikan pelaporan administrasi, mendorong pengelolaan energi baru terbarukan dengan memanfaatkan 347 ribu hektare tanah kritis yang ada di Sulbar. Tingkatkan kordinasi dengan pemerintah kabupaten, dan terakhir mendorong agar dinas ESDM dapat memfasilitasi izin usaha pangkalan gas LPG bagi pengusaha, ini agar LPG di Sulbar tidak terjadi kelangkaan.”tutup Muslim.(Lalu )

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button