Jawa TimurProbolinggo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo Mulai Rakit Kotak Suara

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo targetkan perakitan kotak suara untuk pemilu 2024 selesai dalam satu hari. Kotak suara yang diterima KPU setempat, berjumlah sebanyak 3.355 buah.

Proses perakitan dilakukan di gudang logistik pemilu 2024, di jalan anggrek, Sukabumi.Kotak suara yang harus dirakit sebanyak 3.355.

Proses perakitan kotak suara ini di targetkan selesai dalam waktu satu hari saja. Ada 10 orang pekerja yang dilibatkan dalam perakitan kotak suara untuk pemilu 2024 ini.

Masing-masing pekerja ditargetkan bisa menyelesaikan 335 kotak suara. waktu yang diberikan kpu setempat, hanya satu hari saja.

Demi bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu,para pekerja pun harus bekerja extra agar targetnya tercapai sesuai waktu yang ditentukan.

David, salah satu pekerja mengatakan bahwa “Tidak ada kesulitan, karena sebelumnya sudah diberi pelatihan. Sekali saja tapi,” ungkapnya,senin (08/01/2024).

Proses perakitan kali ini, ditarget lebih cepat dari 5 tahun sebelumnya. Lantaran material kotak suara terbuat dari kertas duplex dua lapis, yang tahan cipratan air.

Proses perakitan kali ini jauh lebih mudah dan cepat, dari pada kotak suara dari bahan seng atau aluminium.

Ahmad Hudri sebagai Ketua KPU Kota Probolinggo mengatakan “ proses perakitan kotak suara lebih cepat karena tidak perlu memutar skrup seperti dahulu, kami upayakan sehari ini saja bisa selesai. Untuk kerusakan sejauh ini belum ada laporan masuk,” ujarnya.

KPU sengaja mempercepat proses perakitan agar bisa segera mengatasi jika ada kerusakan atau temuan kejanggalan pada logistik yang ada.

Usai merakit kotak suara, KPU Kota Probolinggo akan segera melakukan proses lipat sortir surat suara untuk pemilu 2024 mendatang.

Lipat sortir surat suara rencananya mulai Rabu depan ini sudah proses. Memakan waktu antara 8 sampai 10 hari untuk pelipatan itu,” imbuh Hudri.

Selama proses lipat sortir surat suara, KPU bakal memperketat penjagaan gudang. Tidak boleh sembarangan orang masuk.

Bahkan awak media pun, nantinya disediakan ID Card khusus. Selain itu, juga diatur jarak untuk pengambilan gambar.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button