Jawa TimurNasionalSitubondo

KPPU RI Bersama Nasim Khan Gelar Sosialisasi Penguatan UMKM Melalui Hukum Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan di Situbondo

BeritaNasional.id,SITUBONDO JATIM – Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia ) bersama Anggota DPR RI F-PKB Komisi VI menggelar sosialisasi penguatan UMKM melalui hukum persaingan usaha dan persaingan kemitraan, di Aula Sekolah SMAN 2 Situbondo Jum’at (17/11/2023).

Ketua KPPU RI Dr.M Afif Hasbullah. M.Hum dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada Anggota komisi VI DPR RI Nasim Khan dan Tim NKI yang telah memberi kesempatan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Situbondo.

“Sosialisasi ini akan mengenalkan tentang kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha dan Salah satu peran KPPU RI yakni sebagai pengawas kemitraan pelaku usaha besar dengan pelaku UMKM” beber Afif Hasbullah, SH.

Ketua KPPU RI juga menjelaskan bahwa pelaku UMKM harus bersinergi dengan pengusaha besar, tapi jangan mau didikte atau diatur apalagi sampai dirugikan oleh kelompok tertentu atau oleh Kartel. dengan kewenangannya sebagia lembaga negara KPPU RI akan mendorong para pelaku UMKM untuk berinovasi, kreatif, mandiri dan punya keyakinan percaya diri dalam memasarkan produknya.

“KPPU RI telah bersinergi dengan pemerintah untuk mendorong pelaku usaha UMKM kembali bangkit. Penguatan ekonomi lokal dalam perspektif persaingan usaha dan kemitraan yang sehat terus ditingkatkan dan pemerintah sebagai regulator dapat memberikan regulasi yang mampu mendorong upaya pelaku usaha untuk bangkit,” ucapnya.

Sebagai wakil rakyat yang terpilih dari Dapil III Jatim (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso) Ir HM Nasim Khan menyampaikan pentingnya sosialisasi ini untuk mengenalkan tentang kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha kepada masyarakat, khususnya masyarakat Situbondo.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi bapak dan ibu sekalian karena manfaatnya akan sangat banyal bagi usaha – usaha yang bapak ibu jalankan, pelaku usaha harus mempunyai kemitraan yang didasari prinsip kesetaraan dalam berbisnis. Sehingga, para pelaku UMKM di Situbondo ini ini tidak dikuasai dan didikte oleh pengusaha yang lebih besar,” ujar Nasim Khan Anggota DPR RI F-PKB Komisi VI.

Tampak hadir dalam.acara sosialisasi bersama KPPU RI dan Anggota DPR RI F-PKB Komisi VI, KH Al Ma’i Sufyan Dirut NKI (Nasim Khan Indonesia) Aurangzeb, SE bersama Tim, zulfikar purnama rahman Caleg PKB Dapil 1 Situbondo serta 250 masyarakat berlatar belakang pelaku usaha UMKM se Kabupaten Situbondo.(Adv).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button