AdvedtorialPolitik

KPU – Forkopimda Bone Bolango Sepakat Sukseskan Pilkada 2024

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bone Bolango sepakat untuk mensukseskan pelaksanaan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Hal ini terungkap saat rapat antara KPU Bone Bolango dan Forkopimda Kabupaten Bone Bolango yang digelar di Rumah Dinas Bupati Bone Bolango, Kamis (30/5/2024).

Rapat ini membahas beberapa isu terkait tahapan Pilkada. Rapat diawali dengan pengantar kata oleh Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli. Selanjutnya, Bupati Bone Bolango memberikan kesempatan kepada Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu untuk memaparkan progress pelaksanaan tahapan Pilkada.

Dalam kesempatan itu, Sutenty menyampaikan sejumlah tahapan yang telah selesai dan akan dilaksanakan. Tahapan yang telah selesai dilaksanakan yakni rekrutmen PPK dan PPS dan telah selesai dilantik dan pengusulan Sekretariat PPK dan PPS dari Pemerintah Daerah yang harus segera paling lambat 7 hari setelah pelantikan PPK/PPS yang nantinya akan di SK kan oleh KPU.

Sementara tahapan yang saat ini sedang dilaksanakan yakni verifikasi administrasi dukungan bakal calon perseorangan terhadap dokumen syarat dukungan dari dua bakal pasangan calon perseorangan yakni pasangan Amran – Irwan (Amin) dan Ismet – Risman (Iris).

Hal lain yang disampaikan Sutenty pada saat rapat tersebut yakni terkait dengan fasilitasi Pemerintah Daerah terhadap kantor Sekretariat PPK/PPS yang representatif baik untuk penyimpanan logistik maupun pengarsipan dokumen. Tak kalah penting juga disampaikan terkait pemetaan TPS Pilkada sejumlah 294 TPS dan dalam waktu dekat akan merekrut 465 Pantarlih.

Menanggapi pemaparan Ketua KPU Bone Bolango, Bupati Bone Bolango langsung merespon dan menyatakan siap memfasilitasi PPK/PPS dengan langsung berkoordinasi dengan para Camat yang turut hadir di rapat untuk memfasilitasi kantor sekretariat PPK dan PPS serta 3 orang Sekretariat di masing-masing PPK dan PPS.

Senada dengan Bupati, dari pihak Forkopimda lainnya yakni Polres, Dandim, Kejaksaan, Danlanal) juga menyatakan akan seiya sekata siap mensukseskan Pilkada khususnya menjaga keamanan dan ketertiban.

Sementara wakil ketua DPRD, Azan Piola berharap agar KPU Bone Bolango dapat menjaga profesionalitas dan integritas jangan sampai ada pihak pihak yang dirugikan.

Turut hadir dalam rapat ini pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Bone Bolango.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button