GorontaloPolitik

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Coaching Clinic Class Sidalih Pemilu 2024, Fadliyanto Koem : Harus Dihayati

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar Coaching Clinic Class Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Pemilu 2024, yang berlangsung di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Senin (19/12/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Bagian Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten/Kota, Operator Sidalih, Perwakilan DPMD dan Capil Provinsi Gorontalo, serta Bawaslu Provinsi Gorontalo dengan menghadirkan pemateri dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) KPU RI.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem meminta kepada peserta agar materi tentang Sidalih ini tidak hanya dapat dipahami namun juga dihayati.

Fadliyanto menuturkan bahwa dengan penghayatan terhadap materi tersebut, maka kendala yang terkait dengan non teknis dapat diterima dengan lapang dada. Selain itu, kendala-kendala tersebut akan mudah dicari jalan keluarnya.

“Sehingga itu, pendalaman terhadap materi ini sangat penting untuk tidak hanya sekedar dipahami tetapi juga dihayati, agar kendala-kendala yang bersifat non teknis dapat dicari jalan keluarnya,”tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, menjelaskan bahwa Sidalih Pemilu 2024 ini tidak jauh berbeda dengan Sidalih sebelumnya. Hanya saja ada beberapa pengembangan fitur yang bersifat evaluasi.

“Soal fitur-fitur di Sidalih 2024 ini masih sama dengan Sidalih sebelumnya saat Pemilu 2019 dan Pilkada 2020. Namun ada pengembangan yang sifatnya evaluasi saja,”jelasnya.

Dikatakan juga dengan Sidalih ini KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo akan menghadirkan data pemilih yang lebih akurat.

“Kedepan lewat Sidalih ini kami akan bekerja secara sistem sehingga nanti akan lahir data pemilih ini lebih akurat,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button