Politik

KPU Sumut Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Tingkat Provinsi

BeritaNasional.ID Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 untuk tingkat provinsi Sumatera Utara yang digelar mulai 6 hingga 9 Mei 2019 di Hotel JW Mariott Medan, Senin (6/5/2019).

Ketua KPU Sumut Yulhasni mengatakan pihaknya menerapkan dua panel saat melakukan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat provinsi.

“Kami targetkan rekapitulasi selesai 9 Mei 2019. Artinya kami harus terus kerja ekstra secara simultan sehingga proses rekapitulasi benar-benar rampung sesuai target dan untuk selanjutnya bisa disampaikan ke tingkat pusat,” tutur Yulhasni saat membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara.

Yulhasni, Ketua KPU Sumut dalam sambutannya mengatakan kesuksesan penyelenggaraan pemilu selalu dilihat dari partisipasi masyarakat. Pada Pemilu 2014 tingkat partisipasi hanya berkisar 69% sedangkan pada Pemilu 2019 angka partisipasi diperkirakan mencapai 79,91%. Angka ini melampaui target nasional sebesar 77,5% dan target KPU Sumut di angka 70%.

Antusias masyarakat menggunakan hak suara tidak terlepas dari semakin membaiknya pendataan pemilih dan model sosialisasi yang kreatif serta peran peserta pemilu melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh tujuh orang anggota KPU Provinsi Sumut, Badan Pengawas Pemilu, tim pemenangan Capres Cawapres, saksi calon Anggota DPD Dapil Sumut, saksi partai politik peserta Pemilu, lembaga pemantau Pemilu, serta tamu undangan. (Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close