DaerahJawa TimurSitubondo

Lagi, Rutan Situbondo Gelar Tes Urine Secara Mendadak

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM -Kembali Rutan Kelas IIB Situbondo menggelar tes urine mendadak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Rutan Situbondo, Jumat (09/06/2023).

“Test urine ini dilaksanakan dalam rangka deteksi dini dan tindak lanjut atas instruksi pimpinan yang berkomitmen menjadikan Rutan dan Lapas bersih dari praktik HALINAR (HP, Pungli, Narkoba),” jelas Andy Sulistiawan Kepala Subsie Pelayanan Tahanan Rutan Situbondo didampingi Kasubsie Pengelolaan, KaKPR serta dibantu oleh Tim Medis.

Lebih lanjut, KaSubsie Pelayanan Tahanan, Andy Sulistiawan mengatakan, KaRutan Situbondo memerintahkan untuk mengadakan tes urine bagi WBP. “Sebelumnya kami sudah mengadakan tes urine untuk seluruh pegawai. Hasilnya negatif semua. Kepala Rutan Situbondo berkomitmen memberantas narkoba dan ingin memastikan bahwa Rutan Situbondo aman dari peredaran gelap narkoba,” tutur Andy.

Seluruh WBP, lanjut Andy, diperiksa tanpa terkecuali dan melaksanakan tes urine. “Dari 25 WBP yang melakukan Test Urine tidak ada satupun yang terindikasi menggunakan narkoba. Hasil tes urine menunjukkan negatif narkoba,” tuturnya.

Hal ini, imbuh Andy, merupakan salah satu langkah preventif Rutan Situbondo dalam pencegahan dan peredaran gelap narkoba serta gangguan kamtib di dalam Rutan. “Rutan Situbondo bertekat untuk terus menjaga barang terlarang masuk dalam Rutan Situbondo,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button