TNI Dan Polri

Lanud Soewondo Kembali Bantu Distribusikan 10.000 APD dan 6.000 Masker Tahap 2 Ke Dinkes Provinsi Sumut

BeritaNasional.ID Medan – Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk percepatan penanggunglangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19, Kembali Lanud Soewondo Medan bantu pendistribusian alat perlindungan diri ( APD ) dan masker ke dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara yang turut disaksikan oleh Sekdaprov Sumut, Sabrina, Jum’at (10/4/2020).

Pemerintah pusat melalui kementerian Kesehatan RI melaksanakan distribusi APD ke Medan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dengan nomor penerbangan A-1316, sesuai instruksi Panglima TNI.

Setelah tiba, seluruh kru pesawat langsung di periksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya, serta seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan diksenfektan.

Proses bongkar muat APD dan masker ini langsung mendapat pengawasan dari Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P.

Sekdaprov Sumut, R. Sabrina kepada sejumlah awak media yang hadir di lokasi mengatakan bahwa bantuan APD ini berasal dari pemerintah pusat.

“Sebanyak 10.000 APD dan 6.000 masker. Dengan bantuan ini diharapkan bisa membantu kita di Sumatera Utara, baik di Medan maupun di kabupaten Kota lainnya yang akan kita distribusikan ke rumah sakit- rumah sakit rujukan Covid 19. Sebab para tenaga medis ini harus kita lindungi karena mereka berada di garda terdepan dalam memutus mata rantai Penyebaran Covid 19. Untuk saat ini, pendistribusian APD dan Masker melalui Lanud Soewondo ini sudah yang kedua kalinya. Kemarin pada tanggal 4 April 2020, sebanyak 7000 APD dan 35.000 masker telah di distribusikan juga melalui Lanud Soewondo kepada Dinas Kesehatan Provinsi, untuk saat sekarang, itulah yang sudah kita terima dan saya yakin pemerintah pusat pasti akan memberikan bantuan secara bertahap demi percepatan penanggunglangan Covid 19 di Sumatera Utara,”ucap Sabrina.

Sementara itu Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P. menjelaskan bahwa sudah menjadi komitmen TNI, TNI Angkatan Udara untuk memanfaatkan alutsista yang dimiliki untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan Covid 19.

“Sudah merupakan Komitmen TNI, TNI Angkatan Udara untuk memanfaatkan alutsista yang kita miliki untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan Covid 19, kita memiliki pesawat Hercules yang kapasitas dan daya angkutnya cukup besar untuk mengangkut dan mendistribusikan alat-alat kesehatan keseluruh daerah di Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Ini yang kedua kalinya. Kemarin pada hari Sabtu (4/4/2020) juga telah kita lakukan pendistribusian alat kesehatan berupa APD dan Masker yang saat itu diterima oleh Kepala BPBD Sumut, Bapak Riadil Lubis. APD dan Masker ini sangat penting bagi para tenaga medis yang berada di garda terdepan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona,”ucap Danlanud Soewondo.

Setelah dibongkar, ribuan APD dan Masker tersebut diangkut ke Apron Charli Lanud Soewondo yang secara simbolis diserahkan oleh Pilot pesawat Hercules yang mengangkut tersebut kepada Danlanud Soewondo.

Selanjutnya Danlanud Soewondo menyerahkanya kepada Dandim 0102/BS, Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga Selanjutnya Dandim 0102/BS menyerahkannya kepada perwakilan Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara disaksikan oleh Sekdaprov Sumatera Utara, Dandim 0102/BS, Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga serta Kepala BPBD Sumut, Ir. Riadil Akhir Lubis.

Usai diterima langsung oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, APD dan masker yang diterima dari pemerintah pusat tersebut langsung diangkut dengan menggunakan mobil box milik Depkes Provinsi Sumatera Utara dan mobil box milik BPBD.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close