TNI Dan Polri

Lanud Soewondo Kembali Bantu Distribusikan 8000 APD Tahap 3 Dari Kemenkes RI Untuk Provinsi Sumut

BeritaNasional.ID Medan – Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19, Lanud Soewondo Medan kembali bantu pendistribusian Alat Perlindungan Diri (APD) ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI melaksanakan pendistribusian APD ke Medan menggunakan pesawat TNI AU jenis Boing A-7306 dengan pilot Mayor Pnb Irwanda landing di Lanud Soewondo pada pukul 12:24 WIB, hal pendistribusian APD ini sesuai instruksi Panglima TNI.

Setelah tiba, seluruh kru pesawat langsung di periksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya oleh personel kesehatan, serta seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan desinfektan, Sabtu (18/4/2020).

Proses bongkar muat APD ini langsung mendapat pengawasan dari Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P. yang diwakili oleh Kepala dinas Logistik Lanud Soewondo, Letkol Kal Rado P. Purba, dan Karumkit dr Abdul Malik Lanud Soewondo, Mayor Kes dr. Whiko Irwan, Sp.B.

Setelah dibongkar, ribuan APD tersebut diangkut ke Apron Charlie Lanud Soewondo serta disemprot Desinfektan, selanjutnya secara simbolis diserahkan oleh Pilot pesawat, Mayor Pnb Irwanda yang mengangkut APD tersebut kepada Danlanud Soewondo yang diwakili oleh Kadislog, dan diserahkan kembali kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujadid Hasibuan dan yang mewakili Dandim 0201/ BS, Mayor Inf Zulkarnaen.

Lelkol Kal Rado P. Purba kepada sejumlah awak media yang hadir di lokasi mengatakan bahwa bantuan APD ini berasal dari pemerintah pusat melalui Kemenkes RI.

“Ini sudah yang ketiga kalinya kita membantu mendistribusika dari pemerintah pusat. Yang pertama sebanyak 7.000 APD dan 35.000 masker, yang kedua 10.000 APD dan 6.000 masker dan untuk kali ini jumlah APD sebanyak 160 koli atau 8.000 APD. Dengan bantuan ini diharapkan bisa membantu kita di Sumatera Utara, baik di Medan maupun di kabupaten Kota lainnya yang akan distribusikan ke rumah sakit- rumah sakit rujukan Covid 19 melalui Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Sebelumnya pesawat ini berangkat Dari Halim, Palembang, Pekan Baru lalu Aceh dan kemudian ke Medan juga melakukan pendistribusian APD,” jelas Kadislog Lanud Soewondo.

Setelah dilakukan serah terima, APD tersebut diangkut dengan menggunakan 2 unit mobil BOX, BK 8805 J milik Dinkes Provinsi Sumatera Utara dan mobil box berplat B 9273PQO milik BPBD Provinsi Sumatera Utara.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close