Jawa TimurProbolinggo

Lapas Probolinggo Laksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM – Jajaran Petugas Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-95 bertempat di lapangan Lapas Probolinggo, Sabtu (28/10). Kompak menggunakan pakaian Korpri, pejabat struktural, pegawai, dan perwakilan Warga Binaan Lapas Probolinggo secara khidmat mengikuti jalannya upacara.

Selaku Inspektur Upacara, Kepala Lapas Probolinggo, Dadang Rais Saputro, membacakan sambutan menteri pemuda dan olahraga Republik Indonesia, Dito Aritedjo, yang mengangkat tema Bersama Majukan Indonesia. Tema ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan Indonesia.

Membacakan sambutan Menpora, Inspektur Upacara, Dadang Rais Sapitro mengatakan bahwa sembilan puluh lima tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan.

Dalam sambutan Menpora tersebut juga disampaikan makna dari logo HSP ke-95, yang memiliki arti membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bangsa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Tidak lupa dalam isi sambutan tersebut Menpora juga menghimbau agar setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

Strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button