Daerah

Lebih 2.000 Lowongan Kerja di Jember Butuh SDM yang Kompeten

Berita Nasional.ID, JEMBER JATIM – Lebih dari 2.000 lowongan kerja tersedia di Jember. Lowongan kerja tersebut berasal dari sejumlah perusahaan yang membuka kantor cabang atau mendirikan pabrik di kota suwar-suwir ini.

“Per hari ini, jumlah lowongan kerja di Jember antara 2.000 hingga 2.700 lowongan,” ucap Kepala Disnaker Kabupaten Jember, Suprihandoko di ruang kerjanya, Senin (1/7/2024).

Menurut Handoko, sapaan akrabnya, lowongan tersebut terbuka bagi siapa saja sesuai spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Perusahaan-perusahaan itu membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Sehingga para pencari kerja perlu menyiapkan diri dengan bekal keterampilan yang memadai, sesuai standar yang dibutuhkan perusahaan.

“Yang penting adalah knowledge, skill, dan attitude harus dimiliki calon pekerja,” tambahnya.

Yang dimaksud knowledge, skill, dan attitude adalah bahwa pekerja selain harus memiliki keterampilan tertentu, juga harus paham tentang pekerjaan itu sendiri, dan tentu harus punya sikap atau akhlaq dalam bekerja. Knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan attitude (sikap) adalah tiga kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh setiap pencari kerja.

“Dan ketiga item kompetensi itu bisa didapatkan jika pencari kerja mengikuti pelatihan kerja,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Handoko, Disnaker Jember sudah lama menggandeng Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Cabang Jember guna melatih dan mendidik para calon pekerja agar memiliki modal keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. Lembaga ini melayani pelatihan apapun yang dibutuhkan perusahaan, termasuk knowledge, skill, dan attitude yang itu sifatnya gratis. Peserta tidak dipungut biaya.

“Dengan begitu, kami berharap jangan sampai nanti investor yang masuk ke Jember protes (karena) SDM Jember lemah, dan sebagainya. Jangan sampai seperti itu karena kami telah menyiapkan fasilitasnya,” terang Handoko.

Bagi masyarakat yang berminat mengisi formasi lowongan di atas, Handoko mempersilakan untuk menghubungi Disnaker Jember atau Petugas Pendamping Pelatihan Tenaga Kerja (PPPTK) yang ada di setiap kecamatan (AAR/Bernas).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button