Sulawesi

LPKA Parepare Gelar Gernas Pemenuhan Hak Identitas Anak yang Berhadapan dengan Hukum

image_pdf

Beritanasional.Id-Parepare — Dalam rangka peringatan hari bakti pemasyarakatan ke-55 tahun 2019 serta pemenuhan hak identitas anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Parepare menggelar kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Pemenuhan Hak Identitas Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum dalam rangka revitalisasi pemasyarakatan bagi anak (25/3).

Kegiatan tersebut diselenggarakan terpusat di Graha Bakti Pemasyarakatan Lt.6 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI dan diikuti seluruh LPKA se-Indonesia termasuk LPKA Parepare melalui media teleconference menggunakan aplikasi zoom. LPKA Parepare dalam melaksanakan kegiatan tersebut mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Kementerian Agama Kota Parepare, Dinas Kesehatan Kota Parepare, Balai Latihan Kerja Kota Parepare, dan Dinas Perpustakaan Kota Parepare.

Sebanyak 7 buah Kartu Identitas Anak (KIA) dan 3 e-KTP anak didik pemasyarakatan (Andikpas) LPKA Parepare diserahkan pada kegiatan tersebut.

Dalam acara dilakukan juga pemberian piagam penghargaan kepada mitra kerja LPKA Parepare dalam pemenuhan hak anak di LPKA Parepare. Adapun mitra kerja LPKA Parepare yang diberikan piagam penghargaan adalah Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kementerian Agama Kota Parepare, Balai Latihan Kerja Kota Parepare, dan Dinas Perpustakaan Kota Parepare.

Menurut Kepala LPKA Parepare Jayadikusumah, gerakan nasional pemenuhan hak identitas anak tersebut bertujuan agar anak yang berhadapan dengan hukum tetap terpenuhi hak identitas dan hak – hak lainnya sesuai dengan amanat Undang – Undang. Selain itu juga sebagai bentuk apresiasi LPKA Parepare terhadap mitra kerjasama dalam pemenuhan hak anak.

“Hak identitas anak berupa KIA penting untuk dipenuhi agar anak bisa mendapatkan pelayanan publik seperti pendidikan, layanan kesehatan, dan lainnya. 7 KIA dan 3 e-KTP diserahkan hari ini, serta 4 Piagam Penghargaan Yang ditanda tangani langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan diberikan kepada mitra kerja LPKA Parepare”, ujar Jayadi.

Diakhir kegiatan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada pegawai dan warga binaan pemasyarakatan LPKA Parepare. Pemeriksaan kesehatan tersebut terlaksana bekerjasama dengan puskesmas Lompoe kota Parepare. (*)

Show More

Related Articles

Close