BANTEN

Mahasiswa Unpam Mengajak Siswa untuk Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Saat PTM Terbatas

BeritaNasional.ID, BANTEN – Sejak pertama kali ditemukannya kasus covid-19 di Indonesia, perkembangan kasus covid-19 semakin meningkat, hal ini membuat kegiatan masyarakat menjadi terganggu tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar. Dalam mengurangi terjadi penularan kasus covid-19 pada sektor pendidikan, pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring.

Penyebaran kasus covid-19 yang semakin melandai dan kegiatan vaksin pada tenaga pendidikan, guru atau dosen telah terlaksana, akhirnya pemerintah kembali membuka sekolah tatap muka secara terbatas. Hal ini merupakan kabar baik yang diterima oleh para murid dan orang tua.

Mahasiwa Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program S1 Akuntansi, melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) dalam rangka mendukung kegatan PTM terbatas dengan tema “Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Kepada Anak-Anak Yayasan Insan Madani Dalam Menghadapi Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi” pada hari Minggu, 21 November 2021. Kegiatan PMKM ini beranggotakan Nur Hamidah, Anggiyani Maghfiroh, Diani Windi Astuti, Nada Candida Zakiyah, serta didampingi oleh Bu Ambarwati, S.E., M.Si selaku dosen pembimbing. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 14 Siswa di yayasan Insan Madani, dan Bunda Sofi sebagai perwakilan dari Yayasan Insan Madani.

Penerapan protokol kesehatan pada kegiatan PTM terbatas sangat penting, sebab sekolah merupakan salah satu tempat paling mudah dalam menyebarkan virus corona. Pada kegiatan ini, para siswa dikenalkan tentang apa itu virus corona, penyebab serta gejala terjadinya virus corona, tidak lupa juga para siswa diberitahu bagaimana cara mencegah dan diberitahu protokol-protokol kesehatan yang harus dilakukan ketika kegiatan belajar mengajar dilakukan.

Para siswa juga diajarkan 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar, para siswa yang mengikuti kegiatan ini tampak antusias mendengarkan arahan dari para Mahasiswa Universitas Pamulang. Tidak lupa juga kami mengadakan kuis untuk menguji siswa apakah materi yang kami sampaikan dapat dipahami oleh para siswa yang hadir dan sebagai bentuk apresiasi kami, para siswa yang berhasil menjawab akan diberikan hadiah.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menerapkan protokol kesehatan pada kegiatan PTM terbatas, sehingga kegiatan PTM terbatas dapat berjalan dengan lancar sebagaimana semestinya. Penerapan protokol kesehatan yang buruk dapat mengakibatkan meningkatnya penyebaran virus covid-19 pada sektor pendidikan dan dapat memicu diberhentikannya kegiatan PTM terbatas.

 

Nur Hamidah, Mahasiswi Universitas Pamulang, Jurusan Akuntansi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button