Daerah

Mbah Tobron, Apresiasi Keberanian Ipong Lestarikan Seni Reyog Hingga Mancanegara

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Gelombang dukungan terhadap paslon nomor urut 2, Ipong Muchlissoni – Bambang Tri Wahono terus berdatangan. Kali ini, dukungan itu datang dari tokoh seni reyog Ponorogo, H. Ahmad Tobroni Torejo. Selasa (13/10)

Mbah Tobron, sapaan akrabnya mengatakan akan memberikan dukungan penuh untuk kemenangan Ipong – Bambang. Dirinya menilai, Ipong adalah salah sosok Bupati yang berani saat ini. Dengan mencanangkan setiap tanggal 13, di tiap desa menggelar reyog adalah bentuk dari komitmen terhadap kelestarian seni tradisional asli Ponorogo tersebut.

“Dari beberapa bupati sebelumnya, hanya Ipong yang berani membuat gebrakan seperti sekarang ini. Yakni menggelar gebyak reyog tanggal 13 di seluruh desa se Ponorogo,” kata Mbah Tobron kepada awak media.

Beliau yakin, jika tidak ada gelaran reyog tanggal 13 seperti sekarang ini, seni reyog di Ponorogo lambat laun akan hilang.

“Jika tidak yang peduli seperti Ipong, reyog akan kehilangan gaungnya. Kita harus berikan apresiasi terhadap Ipong yang sudah ikut melestarikan seni reyog,” imbuhnya.

Sebagai sesepuh warok Ponorogo, Mbah Tobron menegaskan, selama menjabat, Ipong sering membawa rombongan seni Reyog ke mancanegara, seperti ke Jepang, Belanda, Madagaskar, dan negara Eropa lainnya.

“Mengenalkan seni reyog ke tingkat internasional itu tidak mudah. Namun Ipong berani melakukan itu dengan harapan agar seni Reyog Ponorogo bisa segera diakui oleh PBB melalui UNESCO. Oleh karenanya, pilkada mendatang, pilihlah calon yang peduli dengan reyog,” tandasnya. (ns/is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close