BondowosoDaerahJawa Timur

Menjadi Langganan Banjir, Warga Minta Pemkab Peduli

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Desa Koncer Kidul, persisnya dibelakang perumahan Praja Mukti dan Desa Sumber Salam depan Perumahan Villa Utama Kecamatan Tenggarang, selalu menjadi langganan banjir jika turun hujan.

Seperti yang terjadi Ahad (18/2/2024) kemarin, walau hujan hanya berlangsung sekitar 2 jam, di dibelakang perumahan Praja Mukti dan di depan Perumahan Villa Utama sudah tergenang air mencapai setinggi lutut.

Tidak hanya di jalan-jalan masuk gang saja yang digenangi air. Jalan utama atau jalan yang menghubungkan Desa Sumber Salam dengan Desa Koncer  rutin tergenang air. Kondisi ini tentu saja mengganggu warga saat beraktifitas sehari-hari.

“Terutama di jalan yang menghubungkan Desa Sumber Salam dengan Desa Koncer ini selalu langganan banjir, dan lama airnya  hilang,” keluh beberapa warga.  Selain saluran pembuangan limpahan air hujan kecil, juga kondisi jalan lebih rendah dibanding persawahan disekitarnya, lama surutnya, bagaikan sungai.

Untuk itulah, warga berharap pihak terkait, mulai dari Pemerintah Desa Sumber Salam dan Koncer Kidul, Kecamatan Tenggarang, dan Pemkab Bondowoso harus turun tangan. “Kami sebagai warga Desa Sumber Salam, mohon segera  dicarikan jalan keluarnya. Supaya genangan bisa cepat hilang airnya,” ujar Tayyib, Deklarator LSM Bangkit.

Tayyib menjelaskan, mewakili warga dua desa, kami minta dalam waktu sesegera mungkin, Pemkab Bondowoso perbesar saluran air di Desa Koncer Kidul belakang perumahan Praja Mukti dan mengeruk saluran irigasi di Desa Sumber Salam depan Perumahan Villa Utama.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button