Bone BolangoGorontaloPolitik

Merlan Uloli Dorong 30 Persen Keterwakilan Perempuan di Parlemen

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli mendorong perempuan di Kabupaten Bone Bolango untuk lebih meningkatkan perannya dalam politik.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, ketimpangan dan kurangnya peran serta perempuan dan rendahnya kualitas hidup perempuan telah mengakibatkan lambatnya keberhasilan dalam pembangunan nasional.

Selain itu, rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen sedikit banyak berpengaruh pada isu kebijakan terkait kesetaraan gender dan belum mampu merespon masalah utama yang dihadapi perempuan.

“Hak-hak politik perempuan ditetapkan melalui instrumen hukum maupun meratifikasi berbagai konvensi yang menjamin hak-hak tersebut,”ungkap Merlan dalam sambutannya saat membuka secara resmi Kegiatan Forum Diskusi Perempuan dan Politik (Perspektif Adat dan Agama) di Aula Yiladia, Rumah Dinas Wakil Bupati Bone Bolango, Selasa (30/5/23).

Dikatakan bahwa hak-hak politik itu dibutuhkan dengan keterwakilan perempuan di panggung politik maupun lembaga politik formal walaupun jumlahnya saat ini masih sedikit dibandingkan laki-laki.

“Hal ini menjadi wajar karena dunia politik diasosiasikan dengan ranah politik yang relatif dekat dengan laki-laki,”ujarnya.

Sehingga, kata Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Bone Bolango itu, saat ini waktunya perempuan mengoptimalkan peranannya di bidang politik formal guna mengubah kebijakan yang masih didominasi kepentingan laki-laki dan buta gender (gender blind). Perempuan harus mengejar ketertinggalan selama ini dengan bekerja ekstra.

“Perjuangan kedepan adalah bagaimana strategi yang harus ditempuh agar keterwakilan perempuan di parlemen sebanyak 30 persen dapat menjadi kenyataan,”tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button