AcehDaerah

Mesjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah Pusat Belajar Agama di Indra Makmu

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Keindahan Mesjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah yang terletak di Gampong (Desa) Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur dapat membangkitkan energi positif setiap insan yang memandangnya.

Mesjid yang menjadi icon Kecamatan Indra Makmu ini menjadi tempat dan tujuan pertama untuk beristirahat dan ibadah bagi Masyarakat yang melintas, baik dari berbagai daerah dan Kecamatan lain hingga Kabupaten lain saat ke Indra Makmu.

Tak hanya itu, Mesjid ini juga menjadi pusat pembelajaran ilmu Agama bagi warga Kecamatan Indra Makmu, sebab hampir setiap hari Mesjid ini mengelar pengajian umum.

Misalnya, setiap Kamis malam, Mesjid ini mengelar pengajian umum Kecamatan yang juga turut dihadiri warga dari 13 Desa se Kecamatan Indra Makmu, dimana pengisi pemateri pengajian berasal dari pimpinan Dayah atau Pesantren dari berbagai daerah di Kabupaten Aceh Timur.

Bahkan, Mesjid ini juga menjadi tempat pengisian pengajian Ulama Karismatik Aceh H. Abu Ali Paya Pasi setiap hari Senin awal bulan yang dihadiri oleh kaum ibu atau Hawa se Kecamatan Indra Makmu.

Selain itu, Mesjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah juga mengadakan pengajian umum pemuda dan remaja setiap Senin Malam yang diisi pemateri juga dari pimpinan Dayah berbagai daerah.

“Alhamdulillah, setiap hari Jum’at kami juga mengadakan pengajian umum bagi jamaah Jum’at yang tiba lebih awal. Bahkan Mesjid ini juga mengadakan tempat pengajian kanak-kanak khusus untuk belajar mengaji irama” terang H Zuliahuddin, Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Baitul Hidayah Alue Ie Mirah, Rabu (03/04/2024).

Menurutnya, selain pusat tempat pembelajaran, Mesjid Baitul Hidayah juga mengadakan Rumbi kanji gratis sepanjang ramadhan dan tempat berbuka puasa gratis bagi musafir serta jamaah.

“Alhamdulillah, ini semua berkat dukungan para pihak dan warga, semoga apa yang menjadi kebaikan dan kegiatan positif dapat di teruskan oleh generasi penurus terbaik Indra Makmu nantinya” harap Ketua BKM Mesjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah. (Romi/Bernas).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button