AcehDaerah

Milad GAM ke-45 di Aceh Timur Dipusatkan di Empat Lokasi Berbeda

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Peringatan Milad gerakan Aceh merdeka (GAM) ke-45 di Kabupaten Aceh Timur digelar secara serentak di empat lokasi berbeda, Sabtu (04/12/2021).

Diantaranya dipusatkan di wilayah Kecamatan Peureulak, Darul Aman, Madat dan Kecamatan Serba Jadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan masa di tegah wabah covid-19.

Ketua KPA Daerah tiga Wilayah Peurueulak Taufik Iliyas mengatakan, acara Milad GAM yang di pusatkan di lapangan Keude Idi Cut Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur ini dihadiri oleh seluruh KPA Daerah tiga yang meliputi tujuh Sagoe.

Diantaranya dari Kecamatan Peudawa, Idi Rayeuk, Darul Aman, Nurussalam, Banda Alam, Kecamatan Julok dan Indra Makmu.

Acara ini juga di hadiri oleh tokoh masyarakat dan agama serta ribuan masyarakat lainnya dari berbagai daerah.

Ia menambahkan, peringatan Milad tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain mengelar doa bersama dan santunan anak yatim, acara ini juga dibarengi dengan tausiah oleh Tgk Muhammad Yunus yang juga ketua Komisi 1 DPR Aceh sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dirinya brharap, melalui peringatan Milad GAM ke-45 ini perdamaian Aceh terus terjaga, “begitu juga dengan kekompakan para mantan kombatan GAM”, ujar Taufik Iliyas.

Sementara itu, Zainiyati Hamid (53), salah satu janda korban konflik Aceh asal Kecamatan Nurussalam, mengaku dirinya tak dapat menahan tangis pada saat menghadiri acara Milad tersebut.

Menurudnya, ia teringat mantan suaminya yang Sayid dalam perjuangan Aceh pada tahun 1990 seminggu setelah sayid Tgk Muhammad Dewi yang merupakan ulama muda Aceh.

Ia mengatakan dalam bahasa Aceh, berharap perdamaian Aceh ini terus terjaga dan aman sepanjang masa.

“Kami harap kepada para petinggi KPA yang telah menjadi wakil rakyat atau pemimpin agar menepati janji terhadap menjaga anak yatim, serta memberi jaminan pendidikan dan pekerjaan terhadap anak yatim korban konflik” Ujar Zainiyati Hamid yang merupakan istri Almarhum Tgk Daud Paneuk Bagok Panah Sa ini sabari menetaskan air mata.

Selain itu, tokoh masyarakat Aceh Timur H Sulaiman atau sapaan Haji Tole berharap, bertepatan peringatan Milad GAM ke-45 ini agar seluruh mantan kombatan GAM terus kompak “serta terus di tingkatkan silahturrahminya antar sesama, demi Aceh yang lebih baik” ujarnya.

Sementara itu di beberapa daerah di Kabupaten Aceh Timur juga turut terjadi pengibaran bendera bintang bulan, hal ini seperti terjadi di daerah Peureulak dan Kecamatan Madat.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button