HeadlinePolitik

Minus Dapil Bonpes, Ini Tiga Caleg Perempuan yang Terpilih untuk DPRD Bone Bolango pada Pileg 2024

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO — Fenomena keterwakilan perempuan di DPRD Bone Bolango yang selalu menempatkan aleg dari Dapil Bone Pesisir (Bonpes) akhirnya berubah. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara DPRD Kabupaten Bone Bolango di tingkat KPU Kabupaten Bone Bolango, terdapat tiga orang caleg perempuan yang terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango periode 2024 – 2029.

Tiga orang perempuan tersebut untuk Dapil 1 Suwawa yakni Riska Puspitasari R. Mohamad dari Partai Hanura. Berikutnya Rakhmatiyah Deu dan Suriaty Dengo dari Dapil 3 Kabila dan Dapil 4 Tapa. Keduanya merupakan caleg Partai Nasdem.

Sementara untuk Dapil 2 Bone Pesisir, tak satupun caleg perempuan yang terpilih. Padahal sejak Pileg 2004 hingga 2019, setidaknya empat aleg perempuan dari Dapil Bone Pesisir selalu menempati salah satu kursi di DPRD Bone Bolango, yaitu Lusiana Mooduto dari Partai Golkar (2004), Yanti Abdullah dari Partai Kebangkitan Nasional Ulama (2009), Heny Ambat dari Partai Persatuan Pembangunan (2014) dan Lily Mooduto dari Partai Golkar (2019).

Namun, untuk Pileg 2024 ini, tak satupun caleg perempuan dari Dapil Bone Pesisir yang berhasil meraih suara terbanyak yang akan mengantarkan mereka menuju gedung baru DPRD Kabupaten Bone Bolango di Suwawa.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button