Bone BolangoGorontaloPemerintahan

Misnawaty: Kepemimpinan Digital Kunci Keberhasilan Transformasi Digital Nasional

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bone Bolango Misnawaty Wantogia mengatakan bahwa Kepemimpinan digital merupakan salah satu kunci keberhasilan transformasi digital nasional, mengingat para pemimpin semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan yang tangkas dan relevan dengan perkembangan di era digital.

“Digital Leadership Academy (DLA) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pemimpin agar mampu mengubah pola pikir organisasi, mendorong adanya persamaan persepsi untuk berkolaborasi secara makro dan mewujudkan sinergitas lintas sektor di daerah maupun pusat,”ungkap perempuan yang akrab disapa Desy ini saat mengikuti pelatihan Digital Leadership Academy (DLA), yang digelar di Aula BPMP Provinsi Gorontalo, Senin (22/5/2023).

Bersama Misnawaty Wantogia, sebanyak empat pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango juga mengikuti kegiatan tersebut. Empat pejabat tersebut yaitu Kepala Bappeda Litbang, Basir Noho, Kepala Dinas Sosial P3KB, Lukman A. Daud, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, Roswaty Agus serta Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Iwan Mustapa.

Kegiatan yang mengusung tema Smart Digital Leader Gorontalo Beradat ini dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya.

Dalam sambutannya, Ismail Pakaya mengungkapkan bahwa digital leadership sudah sering didengar bahkan materinya pernah diperoleh oleh para pejabat namun tidak mudah untuk diterapkan.

“Kriteria pemimpini diera digital itu pertama mampu berkomunikasi yang kedua mempunyai pemikiran yang terbuka dan tanggap akan perubahan,”ungkap Ismail.

Dari kriteria tersebut, sambung Ismail, ada yang sudah dimiliki oleh para pejabat dan ada pula yang belum.

Dikatakan pula bahwa DLA yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli dan para pejabat yang mewakili Bupati/Walikota dari daerah lain ini merupakan pelatihan kedua yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo RI di tahun 2023. Ia pun berharap akan ada kegiatan lainnya yang bisa dilaksanakan di Provinsi Gorontalo. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button