Nasional

Mudik Gratis Ke Semarang,Tiga Puluh Ribu Tiket Gratis Disiapkan Naik Kapal Laut

image_pdf

BeritaNasional.ID Jakarta – Tidak cukup uang atau tidak ada uang untuk mudik lebaran, tak perlu khawatir. Sebab Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan pelayanan mudik gratis Lebaran 2018 bagi 30.000 penumpang menggunakan kapal laut. Mudik gratis ini bagi warga Jakarta yang hendak mudik ke Semarang, Jawa Tengah.

“Kami menyediakan space mudik gratis bagi 30.000 penumpang,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta,Minggu (4/6/2018).

Kota Semarang dituju karena selama ini, pemudik dari Jakarta yang paling banyak jumlahnya adalah ke Semarang. Saat ini, sebanyak 76 persen slot penumpang sudah terisi. Oleh sebab itu, Budi mengimbau jika ada calon pemudik ke Semarang yang berminat, segera mengunjungi loket di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Gambir.

Sementara itu, PT KAI akan menyediakan 85.206 box makanan per hari bagi para pemudik untuk berbuka puasa dan sahur di stasiun mulai H-10 Lebaran. Menu yang disiapkan akan bervariatif, mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, hingga nasi lemak. “Penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI,” ujar Dirut PT KAI Edi Sukmoro dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Namun, tidak semua box makanan tersedia untuk pemudik di seluruh stasiun. Hanya penumpang KA yang termasuk ke dalam 142 perjalanan KA Lebaran yang akan diberikan box makanan gratis tersebut.

Rinciannya, penumpang di 65 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, penumpang di 50 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur. Kemudian, penumpang di 27 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur karena waktu perjalanan di 27 KA tersebut masuk waktu berbuka puasa dan sahur. Selain box makanan, PT KAI juga akan menyediakan 60.700 paket takjil gratis kepada penumpang KA di stasiun keberangkatan yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1 di stasiun keberangkatan.

Takjil gratis ini akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB, mulai H-10 hingga H-1 Lebaran. PT KAI menjamin, makanan yang disediakan terjamin mulai dari kebersihan dan kesehatannya karena makanan yang diterima penumpang adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga.

Sementara itu, pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan lampu penerangan yang cukup di jalan tol dengan status fungsional.

“Jalan fungsioanl itu ada yang tinginya 10 meter, di bawah ada rumah dan itu sangat berbahaya,” ujar Agus dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Sebab kata Agus, meski jalan fungsional bisa dilewati pemudik, namun belum sepenuhnya aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan. “Persiapan jalan bisa dilalui, tapi untuk keselamatan saya kasih nilai 6 karena gelap,” kata Agus. (Sarif/dki)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close