BatubaraDaerah

Nakes Puskesmas Lakukan Skrining TBC 35 Tahanan di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku

Berita Nasional, BATU BARA SUMUT – Petugas kesehatan Puskesmas Labuhan Ruku melakukan skrining Tuberculosis (TBC) terhadap 35 Tahanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Kamis (21/09/2023).

Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku EP Prayer Manik memberikan pengarahan kepada WBP agar menjaga perilaku hidup sehat selama di Lapas, serta memberikan edukasi tentang pentingnya pencegahan penularan TBC.

Untuk itu, Kalapas juga memberikan arahan kepada para tahanan, jika ada yang merasa kurang sehat, agar segera datang ke poliklinik untuk diperiksa. Apabila ada yang batuk, agar mempraktikkan etika saat batuk.

“Jangan membuang dahak atau tisu bekas batuk di sembarang tempat, apalagi di tempat yang lembab tidak terkena matahari.
Bakteri TB tetap hidup di tempat lembab dan berpotensi menular ke orang lain. Jika kita disiplin dalam menjaga diri dan perilaku bersih, mudah-mudahan kesehatan menjadi milik kita,” imbuhnya.

Kegiatan Skrining TBC ini dilakukan guna melakukan deteksi dini terhadap penyebaran virus TB kepada warga binaan di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku sebagai upaya deteksi dini serta untuk mengendalikan penularan TB di lingkungan Lapas.

Skrining TBC kepada warga binaan ini menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap virus TB. Selain itu juga dilakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari pihak Puskesmas Labuhan Ruku. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button