DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondoSosial

Nasim Khan Indonesia dan Kementrian Koperasi UKM RI Gelar Bimbingan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah bekerjasama dengan Nasim Khan Indonesia menggelar pelatihan dan bimbingan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha yang diikuti kurang lebih 100 orang peserta dari berbagai daerah di Kabupaten Situbondo, Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Hotel Lotus, Jl Gunung Arjuna, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo ini, dihadiri oleh Adi Daen Fahmi S.kom, Kabid Pendampingan Usaha Asisten Deputi Bidang Konsultasi Bisnis dan Pendampingan Kementrian Koperasi, Ir. HM. Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB, Imam Hidayat, Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, Direktur NKI Anzeb Khan dan Anggota DPRD Situbondo Fraksi PKN serta tamu undangan lainnya.

Keterangan yang disampaikan Adi Daen Fahmi S.kom, Kabid Pendampingan Usaha Asisten Deputi Bidang Konsultasi Bisnis dan Pendampingan Kementrian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya mengatakan bahwa, melalui Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2022 ini, merupakan syarat bagi suatu negara bisa dikatakan maju dan berdaulat secara ekonomi apabila rasio kewirausahaannya tinggi.

“Jadi, kalau kita lihat dari jumlah pelaku wirausaha yang ada sekarang kurang lebih 64 juta, maka masih dibutuhkan pelaku wirausaha sekitar satu setengah juta lagi. Yang dimaksud dengan wirausaha, yakni orang yang mau berkembang dan mau belajar serta mau mengambil resiko,” jelas Adi Daen Fahmi.

Untuk mewujudkan rasio kewirausahaan yang tinggi, sambung Adi Daen Fahmi, maka Kementerian Koperasi UKM RI melalui Deputi Bidang Kewirausahaan melakukan pelatihan dan pendampingan agar tumbuh para wirausaha baru yang handal. “Kita juga melakukan sinergi dengan berbagai pihak, diantaranya bersinergi dengan Nasim Khan Indonesia,” tuturnya.

Para wirausaha yang didampingi Nasim Khan Indonesia, sambung Adi Daen Fahmi, para pelaku usahanya sudah banyak yang berkualitas, jadi sangat potensial untuk dijadikan sebagai peserta kewirausahaan. “Kita akan terus melakukan pendanpingan para pelaku wirausaha binaan Nasim Khan Indonesia. Untuk itu, bapak dan ibu, mari kita maju bersama-sama agar ekonomi Indonesia lebih kuat lagi,” pungkas Adi Daen Fahmi.

Selanjutnya, Imam Hidayat, Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Anzeb Khan, Direktur Nasim Khan Indonesia, Ir. HM. Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB, Adi Daen Fahmi S.kom, Kabid Pendampingan Usaha Asisten Deputi Bidang Konsultasi Bisnis dan Pendampingan Kementrian Koperasi dan UKM RI yang telah melaksanakan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha di Kabupaten Situbondo.

“Dengan adanya pelatihan dan bimbingan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha yang dilaksanakan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementrian Koperasi UKM RI yang bekerjasama dengan Nasim Khan Indonesia, maka sangat membantu kemajuan para pelaku usaha di Kabupaten Situbondo,” jelas Imam Hidayat.

Jumlah wirausaha yang ada di Kabupaten Situbondo, kata Imam Hidayat, kurang lebih sekitar 38.000, terdiri dari beberapa kegiatan baik perdagangan, kerajinan, makan minum dan jasa serta yang lainnya. “Dari 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Situbondo, jumlah para pelaku UMKM dan Wirausaha yang terbanyak di wilayah Kecamatan Panji, jumlahnya hampir 5000 pelaku UMKM dan Wirausaha,” jelas Imam Hidayat.

Saat ini, kata Imam Hidayat, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo lagi giat-giatnya mendorong dan memotivasi pelaku-pelaku UMKM agar bisa lebih kreativitas untuk melakukan usaha-usaha secara mandiri. “Banyak hal yang dilakukan dinas kami, yaitu membantu legalitas pelaku-pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Situbondo ini. Kami juga memberikan bantuan-bantuan gratis kepada pelaku UMKM, memberikan pendamping agar para pelaku usaha mempunyai nomor induk usaha,” pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Nasim Khan Indonesia, Ir. HM. Nasim Khan mengatakan bahwa, kegiatan bimbingan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha yang dilaksanakan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementrian Koperasi UKM RI yang bekerjasama dengan Nasim Khan Indonesia merupakan kegiatan yang mengajari para wirausaha di Kabupaten Situbondo agar lebih cerdas, kreatif dan profesional dalam memajukan usahanya.

“Pelaku usaha UMKM yang terdata oleh Tim Nasim Khan Indonesia sebanyak kurang lebih 6000 orang di Kabupaten Situbondo. Tim NKI sudah mengawal berbagai program dari pemerintah pusat yang sudah diaplikasikan secara nyata ke masyarakat,” jelas Presiden Nasim Khan Indonesia yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB.

Lebih lanjut, Nasim Khan mengatakan bahwa, dalam mengawal program dibutuhkan sinergitas dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat pusat. “Kita harapkan pemerintah daerah harus terbuka dan update data serta mampu bersinergi untuk mandapatkan program bantuan wirausaha dari pemerintah pusat. Karena program bantuan untuk para wirausaha di tingkat pemerintah pusat menjadi perioritas,” jelas Wakil Rakyat Daerah Pemilihan Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Nasim Khan, namun pria kelahiran Kabupaten Situbondo ini juga menegaskan bahwa, sebagai anggota DPR RI, dirinya mempunyai kewajiban fungsi kontrol terhadap program dari pemerintah pusat dan ikut membantu mengembangkan program program Nasim Khan Indonesia untuk kemandirian ekonomi kebersamaan.

“Dibawah naungan Nasim Khan Indonesia, kita akan terus membantu dan mengaplikasikan secara nyata bantuan pemerintah pusat agar tepat sasaran. Dalam mengalikasikan hal tersebut, tidak semudah membalikan kedua telepak tangan. Namun, kita membutuhkan sinergitas dengan masyarakat dan pihak-pihak terkait,” tutur Nasim Khan.

Di pemerintah pusat, imbuh Nasim Khan, bukan hanya ada program pengembangan UMKM saja, namun program kesehatan, program kemiskinan, sosial, pendidikan dan lain sebagai sangat banyak. “Dalam mengunduh program di pemerintah pusat yang terpenting data selalu update, sehingga masyarakat benar-benar merasakan bantuan dari pemerintah pusat,” bebernya.

Ada empat program dari Nasim Khan Indonesia, kata Nasim Khan, yang sudah dilaksanakan. Diantaranya NKI Peduli yang bergerak membantu anak yatim piatu dan lain sebahainya, program Berkah Kelahiran memberikan hadiah dan membantu proses akte kelahiran kepada ibu-ibu melahirkan pada Bulan Maulid yang anaknya di beri nama Muhammad jika pria dan Fatimah jika wanita.

Selanjutnya, kata Nasim Khan, program memfasilitasi legalitas musala, masjid dan madrasah serta memberikan bantuan pembangunan masjid dan musala serta program kemandirian ekonomi bersama. “Semoga 4 program Nasim Khan Indonesia yang telah dilaksanakan bermanfaat dan dapat mencerdaskan masyarakat di Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi,” pungkas Presiden Nasim Khan Indonesia.

Foto bersama dengan peserta Bimbingan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha (Heru Hartanto/BeritaNasional.id)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button