DaerahHukum & KriminalJawa TimurRagamSitubondo

Nyamar Jadi Pencari Barang Bekas, Saheri Warga Besuki Situbondo Curi Uang di Kotak Amal

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Menyamar sebagai pencari rongsokan, Saheri (75), warga Jalan Kangean, Perum Pondok Asri Kota Timur, Desa/Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, ditangkap polisi lantaran nekat mencuri uang di kota amal petilasan Syekh Maulana Ishak, Dusun Pecaron, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Selasa (30/8/2022).

Pelaku kepergok petugas keamanan petilasan Syekh Maulana Ishak. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti uang tunai Rp150 ribu hasil curiannya, dua buah lidi yang diketahui ujungnya diberi lem yang digunakan untuk mengambil uang didalam kotak amal tersebut. “Sebelumnya, pelaku diamankan warga setempat ke Polsek Bungatan. Sekarang sudah diserahkan ke Mapolres Situbondo,” kata Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Achmad Sutrisno.

Menurut Kasi Humas Polres Situbondo, berdasarkan keterangan saksi Syaiful, memang sering terjadi kehilangan uang di kotak amal di petilasan Syech Maulana Ishaq Dusun Pacaron tersebut. Sehingga penjaga kotak amal mempunyai inisiatif untuk memasang handphone, dengan tujuan merekam dan menvideo, untuk mengetahui siapa pelakunya.

“Pelaku yang terekam handphonenya sedang mengambil uang di dalam kotak amal di TKP langsung ditegur oleh pelapor. Pelaku mengambil uang dengan cara menggunakan lidi yang dilumuri getah pohon palembang dan kemudian dimasukkan ke lubang kotak amal tersebut,” jelas Iptu Sutrino.

Dengan bekal video ponsel tersebut, sambung Iptu Sutrino, puluhan warga sekitar langsung mengamankan pelaku. Bahkan, untuk mengantisipasi terjadinya amukan massa, petugas Polsek Bungatan langsung mengamankan pelaku ke Mapolres Situbondo, setelah sebelumnya diamankan di Mapolsek Bungatan. “Berdasarkan pengakuan pelaku kepada petugas, dia sudah lima kali mencuri uang di kotak amal tersebut,” pungkas Iptu Sutrino.

Publisher       : Heru Hartanto

Pewarta          : As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button