0 Shares 904 Views

Opini; HUT Ke-58, Ini Pemuda Pancasila Parepare Bung !

biro pare Oct 27, 2017
0 905

Penulis: Ahyadin, M.Pd.(Kader MPC PP Kota Parepare)

BERITANASIONAL.ID, OPINI_Sesuatu yang belum kita kenal tentu tidak berkesan, tidak mungkin kita akan menilai sesuatu itu baik atau buruk kalau belum mengenalnya. Maka kenalilah dulu, baru menilai, siapa tau timbul rasa sayang. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, kalau diartikan kurang lebih seperti ini “jika kita tidak mengerti atau memahami sesuatu hal/benda maka kita tidak akan tahu arti sebenarnya dan tidak dapat menghargai hal/benda tersebut.” Begitu juga dengan Ormas Pemuda Pancasila, jika anda belum mengenalnya maka anda tidak akan tahu bagaimana isi di dalamnya. Kali ini saya akan membahas tentang pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila.

Membahas pemuda berarti kita membahas generasi bangsa, generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet cita-cita luhur Bangsa Indonesia yaitu mempertahankan kemerdekaan yang telah direbut dengan susah payah dan berdarah-darah. Generasi penerus ini perlu tumbuh untuk mengisi ruang-ruang kehidupan dalam berbangsa dan bernegara, apakah mereka akan berkontribusi positif atau malah mereka menjadi generasi yg hedonis, yang menjadi korban modernisasi, diskriminasi dan politisasi.

Pemuda sangat penting yakni sebagai tulang punggung bangsa. Sumber daya unggul, motor penggerak perubahan dan kunci kemajuan. Mereka harus dipersiapkan untuk tongkat estafet kepemimpinan dari generasi tua yang sebentar lagi pensiun. Mereka harus digembleng, diberi ruang dan difasilitasi untuk kemajuan. Salah satu cara menggembleng dan melatih kepemimpinan pemuda adalah dengan cara mengarahkan mereka bergabung dengan organisasi-organisasi kepemudaan. Pada dasarnya organisasi kepemudaan merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas diri, kelompok, dan juga masyarakat serta mengamalkan kemampuannya untuk kesejahteraan kelompok dan masyarakat sekaligus membangun masa depan yang lebih baik bagi diri anggota serta lingkungannya.

Pemuda, khususnya pelajar dan mahasiwa mempunyai banyak pilihan dalam mengembangan dirinya, selain melalu pendidikan formal dan nonformal, mereka juga dapat mengembangkan diri melalui Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, seperti SAPMA PP, HMI, PMII, IMM, dan lain-lain. Bahkan bisa juga bergabung dengan KNPI maupun bergabung dengan ormas-ormas besar seperti ormas Pemuda Pancasila atau dan yang lainnya. Namun yang menjadi titik pembahasan di sini adalah tentang Organisasi Kemasyarakatan(ormas) Pemuda Pancasila(PP).

Kalau mendengar nama Ormas Pemuda Pancasila, kira-kira apa yang ada dibenak anda? Banyak persepsi dan argumen yang akan muncul. Ada yang bilang Pemuda Pancasila adalah organisasi kumpulan preman, ada yang bilang Pemuda Pancasila adalah organisasi rusuh, ada yang bilang Pemuda Pancasila adalah organisasi perusak tetapi ada juga yang bilang Pemuda Pancasila adalah organisasi yang komitmen menjaga dan mengamalkan Idiologi pancasila. Stigmatisasi negative dan positif seperti ini bukan tanpa alasan karena memang kenyataannya ada tindakan-tindakan oknum Pemuda Pancasila dibeberapa daerah yang dinilai merugikan masyarakat dan ada juga tindakan Ormas Pemuda Pancasila yang menguntungkan masyarakat.

Kita tidak perlu malu mengahadapi fakta. Kalaupun memang sebagian masyarakat Indonesia menilai bahwa Pemuda Pancasila seperti itu maka harus dijadikan pembelajaran, itu juga akan menjadi bagian yg akan menjadikan kader Pemuda Pancasila untuk menginstropeksi diri menjadi lebih baik. Kenyataan pahit harus menjadi cambuk untuk maju. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan kita harus yakin bahwa mempersiapkan generasi muda dengan sebaik-baiknya merupakan strategi penting menghadapi perubahan dan transformasi sosial dimasa depan. Kader Pemuda Pancasila jangan seperti katak dalam tempurung dan masyarakat juga harus arif dalam menilai, jangan karena nila setitik merusak susu sebelanga.

Dalam Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan pada pasal 1 menjelaskan bahwa Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak,kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Ormas Pemuda Pancasila sudah sejalan dengan Perppu ini yakni punya keinginan untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan bertekad mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa yang abadi. Ini menandakan bahwa Ormas Pemuda Pancasila sangat serius dalam membangun SDM pemuda yang berguna bagi nusa dan bangsa, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pemuda Pancasila disetiap daerah mempunyai karakter tersendiri, punya inovasi tersendiri. Apa yang menjadi karakter PP di Sumatra beda dengan karakter PP di jawa, Sulawesi, kalimantan dan daerah lainnya tetapi tetap bersandar pada AD/ART yang sama. Yang harus diingat bahwa lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Kami MPC PP Parepare Bung! yang punya stailis tersendiri, punya kesan tersendiri, punya inovasi dan improvosasi tersendiri tetapi tetap bersandar pada konstitusi organisasi.

Di MPC PP Kota Parepare tetap menjunjung tinggi mengenai sejarah Organisasi. Pemuda Pancasila Kota Parepare merasa bangga bahwa organisasi ini lahir dari ide dan kreativitas seorang Jendral besar TNI yaitu Jendral Abd. Haris Nasution. Di sisi lain ormas ini punya tujuan untuk menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kalau memerhatikan pendiri dan tujuan mulia organisasi, amat mengherankan jika ada kader PP berani merusak nama baik pendirinya dan amat sukar dipahami jika ada kader PP merusak tujuan mulia organisasinya.

Kader Pemuda Pancasila Kota Parepare terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang agama, ras, suku yang berbeda tetapi tetap solid dan tetap berkomitmen tinggi dalam mempertahankan pancasila sebagai idiologi negara dan menjaga keutuhan NKRI serta tetap setia bersandar pada tujuan organisai. Makanya bukanlah hal yang mengherankan jika menyebut PP Kota Parepare, publik menaruh rasa simpati, menaruh rasa hormat dan bahkan mengapresiasi. Fakta Ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Kota Parepare melirik Ormas PP sebagai salah satu ormas tujuan dan disisi lain banyak juga yang tertarik untuk bergabung menjadi anggota atas dasar panggilan hati nurani.

MPC PP Parepare diera kekinian telah mengalami metamorfosis dari ormas yang dianggap preman menjadi ormas yang kreatif dan cukup disegani. Ini bukanlah sekadar cerita Bung tapi dibuktikan dengan berbagai aktivitas yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Adanya mitra yang baik dengan TNI dan Polri, PP Kota Parepare telah melakukan berbagai aktivitas yg bermanfaat untuk masyarakat, seperti membagikan takjil untuk kaum muslimin yang berpusa di bulan ramadhan bersama Polresta Parepare, donor darah dalam memperingati HUT ke-72 tahun TNI, turut serta dalam membantu KPUD dalam menyosialisasikan aturan pemilu kepada masyarakat lewat SAPMA PP, dan lai-lain.

Selain berbagai kegiatan positif yang telah diuraikan di atas, publikjuga perlu mengetahui bahwa MPC PP Parepare bukanlah ormas yang hidup dari asupan APBD tetapi tetap mampu menghidupi dirinya lewat kesolidan dan militansi kadernya. Ini semua membuktikan bahwa PP Kota Parepare terus eksis dan mampu berdikari sesuai dengan cirinya yaitu patriotik, militan, persaudaraan, inovatif, kreatif dan terbuka tanpa mempermasalahkan perbedaan ras, suku, agama, golongan, profesi dan status sosial. Makanya jangan heran jika Ormas Pemuda Pancasila tetap eksis selama 5 dekade untuk mewarnai alam demokrasi Indonesia.

MPC PP Kota Parepare memiliki komitmen tinggi membina generasi muda penerus cita-cita bangsa, baik siswa maupun mahasiswa dan tetap mendengungkan tekad Ormas Pemuda Pancasila yang tertuang dalam pasal 2 ART tahun 2014 yaitu bertekad mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi bangsa yang abadi. Untuk mewujudkan komitmen membina generasi penerus dan tekad ini, Pemuda Pancasila Kota Parepare memberikan perhatian khusus yaitu dengan mengaktifkan pengurus cabang SAPMA PP Kota Parepare untuk melakukan kegiatan kaderisasi siswa, mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus di seluruh parepare. Mereka dibina/dididik dengan memberikan materi-materi tentang idiologi pancasila, keorganisasian, administrasi, bela negara, kebhinekaan, dll. Mereka juga dididik untuk mengerti cara mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif, menjunjung tinggi solidaritas tanpa memandang agama,suku dan budaya yang berbeda.

Pemuda Pancasila Kota Parepare betul-betul mengerti akan arti pentingnya siswa, mahasiswa dan pemuda. Pemuda Pancasila Kota Parepare mengerti apa yang diinginkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan terutama pasal 1 ayat 3 yang mengatakan bahwa pembangunan kepemudaan adalah proses memfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan kepemudaan. Makna menfasilitasi adalah memberikan ruang pemuda untuk mengisi era kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Makanya MPC PP Parepare menfasilitasi mereka dengan aktivitas yang positif, seperti: belajar bersama, kajian, melatih keterampilan dan kepemimpinan yang pada akhirnya bermuara untuk kepentingan bangsa dan Negara yang siap pakai.

Tidak perlu lagi anda meragukan MPC PP Parepare dalam mendidik Siswa dan Mahasiswa.Ketua MPC PP Parepare Bung Fadly Agus Mante menyiapkan sekretariatnya untuk mendidik mereka. Seandainya anda jalan-jalan ke Sekretariat maka anda akan melihat pemandangan yang tidak biasa yaitu anda akan menyaksikan mereka bercengkrama dengan buku, belajar administrasi organisasi, kajian dan diskusi lepas. Anak-anak SAPMA PP Parepare menghiasi hari-hari mereka dengan penuh arti, mereka tidak habiskan waktunya hanya sekadar ngumpul-ngumpul yang tidak berguna tapi mereka berkumpul membahasa ilmu, mencoba mengisi hari-hari dengan kegiatan yang positif dan tidak menghabiskan hari-hari mereka dengan tawuran maupun kegiatan-kegiatan negatif lainnya. Mereka mengerti bagamana cara menjadi generasi muda, mereka mengerti bagamana cara mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan porsinya.

Ini bukan lebay Bung, ini fakta.Ini bukan hiperbola tapi ini adalah realitas yang terjadi. Mau bukti? hadir saja di Sekretariat MPC PP Kota Parepare, pasti anda akan menyaksikan generasi-generasi muda ini mennghabiskan hari minggu mereka dengan belajar.

Organisasi seperti inikah yang anda sebut sebagai kumpulan preman? Organisasi seperti inikah yang anda bilang tukang rusuh? organisasi seperti inikah yang anda sebut tidak bermanfaat? Anda salah. Ini Pemuda Pancasila Kota Parepare Bung! ormas yang senantiasa mendidik dan menyiapkan generasi penerus cita-cita bangsa untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan.

Jayalah MPC PP Kota Parepare!. Mari kita rayakan ulang tahun yang ke-58 ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif! PANCASILA ABADI !
Sekali layar terkembang surut kita berpantang.(*)

You may be interested

Ketua MPR RI Apresiasi Kemajuan Banyuwangi Dibawah Kepemimpinan Bupati Anas
Daerah
0 shares51 views

Ketua MPR RI Apresiasi Kemajuan Banyuwangi Dibawah Kepemimpinan Bupati Anas

mh said -- BeritaNasional.ID - Apr 26, 2018

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI - Kedatangan Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Banyuwangi disambut hangat Bupati Abdullah Azwar Anas dan…

Presiden Penyair Indonesia Akan Hadir Di Banyuwangi Kemah Sastra
Nasional
0 shares35 views

Presiden Penyair Indonesia Akan Hadir Di Banyuwangi Kemah Sastra

mh said -- BeritaNasional.ID - Apr 25, 2018

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Banyuwangi Festival diakhir bulan April ini akan menghadirkan Kemah Sastra Nasional. Sejumlah sastrawan kondang akan meramaikan acara ini, seperti Sutardji…

Dua Pasang Anjal Yang Tercyduk Satpol PP Dipulangkan Ke Probolinggo Oleh Dissos Banyuwangi
Ragam
0 shares41 views

Dua Pasang Anjal Yang Tercyduk Satpol PP Dipulangkan Ke Probolinggo Oleh Dissos Banyuwangi

mh said -- BeritaNasional.ID - Apr 25, 2018

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Petang hari jelang maghrib sekitar pukul 17.00 WIB, dua pasang anak jalanan (anjal) yang pada Rabu pagi (25/4/18) pukul 08.00…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category