Kalimantan Barat

Ops Zebra Kapuas, Polres Sekadau Maksimalkan Sosialisasi Melalui Siaran Radio dan Live Streaming

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Operasi Zebra Kapuas 2023 di Kabupaten Sekadau, kembali diwarnai dengan kegiatan sosialisasi yang disampaikan melalui siaran radio di Radio Suara Lawang Kuari, Jl. Merdeka Timur, Kecamatan Sekadau Hilir.

Siaran radio dipilih sebagai sarana efektif untuk mencapai pendengar yang lebih luas. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Kanit Kamsel Satlantas Polres Sekadau, Aipda Yuni Iswandi, selaku Kasatgas Preemtif Operasi Zebra Kapuas 2023.

Tidak hanya disiarkan melalui radio, siaran tersebut juga ditayangkan secara live streaming melalui media sosial Facebook Radio Suara Lawang Kuari. Hal ini bertujuan agar informasi sosialisasi dapat diakses oleh masyarakat secara lebih mudah dan cepat.

“Dalam rangka operasi Zebra Kapuas 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 4 September 2023, diimbau kepada masyarakat pengguna kendaraan agar melengkapi kelengkapan kendaraan serta surat menyurat,” ucap Aipda Yuni, pada Kamis (7/9/2023).

Aipda Yuni mengungkapkan, Operasi Zebra Kapuas 2023 bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan meningkatkan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, sekaligus menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan.

“Setiap harinya, kami dari Satgas Preemtif Operasi Zebra Kapuas Polres Sekadau melaksanakan kegiatan edukasi, pengaturan, dan peneguran terhadap pelanggar lalu lintas dengan pendekatan yang humanis dan simpatik,” tambahnya.

Beberapa pelanggaran yang menjadi prioritas dalam operasi ini antara lain, melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang dan mengemudi di bawah pengaruh minuman alkohol.

“Kepada pengguna atau pengendara kendaraan bermotor, sebelum mengendarai kendaraan, agar memperhatikan persyaratan teknis. Periksa kendaraan tersebut apakah sudah siap atau belum untuk dikendarai, termasuk memastikan lampu depan, lampu belakang, serta lampu sen kiri kanan dalam keadaan hidup atau menyala,” imbaunya.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono melalui Kasi Humas Iptu Agus menuturkan, sosialisasi yang disampaikan melalui siaran radio dan live streaming media sosial, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya mematuhi aturan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran dalam berkendara.

“Melalui Operasi Zebra Kapuas 2023, kami berharap masyarakat semakin memahami pentingnya mematuhi aturan lalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan di jalan raya,” ujar Kasi Humas IPTU Agus. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button