DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosialSurabaya

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak Bersama KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan Bagikan Lifejacket

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak Surabaya bekerjasama dengan Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Kabupaten Situbondo melaksanakan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan membagikan Lifejacket kepada nelayan dan pemilik perahu motor dan operator yang ada dilingkungan Pelabuhan Panarukan dan sekitarnya, Selasa, (4/4/2023).

Sosialisasi keselamatan pelayaran yang bertajuk Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2023 tersebut, dilaksanakan di galangan kapal KN GRANTIN dan di halaman kantor KSOP Kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo. Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak Surabaya, Devi. A Mamesah, SE.

“Pelaksanaan sosialisasi Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak, merupakan bentuk nyata pelaksanaan tugas dan fungsi dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan dan lingkungan maritim menjelang Lebaran Tahun 2023 ini,” kata Herland Aprilyanto, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Kabupaten Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Herland Aprilyanto, namun dia menjelaskan, sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan bagi semua kapal yang akan berlayar.

“Semua kapal baik kapal berkapasitas besar yang digunakan untuk pelayaran niaga, maupun kapal-kapal kecil atau kapal nelayan, kapal tradisional yang menjadi alat transportasi masyarakat seperti kapal yang beroperasi di Pelabuhan Pelabuhan di Kabupaten Situbondo mengikuti sosialisasi ini dan dihimbau serta diingatkan untuk memenuhi pesyaratan perlengkapan keselamatan kapal sebelum melakukan pelayaran. Selain itu, untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat agar menjadikan keselamatan pelayaran menjadi kebutuhannya,” kata Herland.

Adapun yang menjadi sasaran dari Sosialisasi keselamatan pelayaran yang bertajuk Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2023 ini, sambung Herland, adalah masyarakat pengguna kapal tradisional dan para nelayan tradisional yang ada dilingkungan Pelabuhan Panarukan dan sekitarnya. “Dalam Sosialisasi ini, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak bekerjasama dengan Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Kabupaten Situbondo memberikan bantuan 100 Lifejacket kepada pemiliki kapal tradisional atau operator kapal penumpang dan kapal nelayan tradisional di wilayah kerja Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Panarukan Kabupaten Situbondo,” tutur Herland.

Penyerahan Lifejacket ini disaksikan oleh Ibu Devi, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak. “Dengan adanya sosialisasi yang dilaksanakan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak bekerjasama dengan Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, diharap kesadaran masyarakat nelayan tradisional semangkin meningkat dan menjadikan keselamatan pelayaran kebutuhan utama dalam berlayar,” pungkas kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Aprilyanto.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button