SosialSulbar

Hadiri Lomba Perpustakaan , MAN 2 Lampa Optimis Raih Juara I

BeritaNasional.id.Polman.Sulbar–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat mengelar Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tingkat Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 04 April . Salah satu yang mengikuti lomba bergengsi ini adalah MAN 2 Polewali Mandar.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat mengelar Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tingkat Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (04/04/2023). Salah satu yang mengikuti lomba bergengsi ini adalah MAN 2 Polewali Mandar.

Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulbar, Sukmawati,  mengatakan kegiatan lomba perpustakaan sekolah ini bertujuan untuk  memotivasi dan mengembangkan perpustakaan sekolah agar lebih baik sehingga perpustakaan sekolah yang menjadi jantung sekolah bisa berstandar nasional. Jika perpustakaan sekolah lengkap dan punya inovasi menarik bagi siswa tentunya menjadi daya tarik siswa untuk datang ke perpustakaan.

“Sekarang ini bagaimana kita bisa menciptakan minat baca siswa salah satunya dengan perpustakaan yang berstandar nasional. Perpustakaan harus bisa menjadi tempat buat anak berliterasi mencari informasi yang dibutuhkan”, kata Sukmawati saat melakukan visitasi ke MAN 2 Polewali Mandar. Jumlah sekolah yang mengikuti lomba ini sebanyak 6 sekolah dan sebelumnya telah memenuhi kriteria standar perpustakaan.

Dikatakan Sukmawati, saat ini masih banyak sekolah yang belum melakukan pengolahan perpustakaan dengan baik dan sering dipandang sebelah mata, karena perpustakaan nasional menuntut kita untuk mengelolah perpustakaan sesuai dengan standar nasional, maka dengan itu kami memberikan instrumen kepada perpustakaan sekolah agar dipenuhi instrumen tersebut.

“Di sekolah itu masih banyak perpustakaan yang tidak dikelola dengan baik, sedangkan perpustakaan nasional menuntut kita mengelola perpustakaan sesuai dengan standar nasional. ”

” Kita harus memenuhi standar nasional, makanya kita ada instrumen yang diisi, yang harus kita penuhi agar mencapai standar dan memperoleh akreditasi dari perpustakaan nasional,” sambung Sukma kepada Tim media Humas MAN 2 Polman.

Sukma melanjutkan, ada 6 sekolah yang dilakukan visitasi yang sebelumnya memenuhi kriteria dan menjadi juara pada tingkat Kabupaten salah satunya MAN 2 Polman ini. Dari 6 sekolah yang divisitasi dan dinilai oleh dewan juri saat ini, nantinya akan dipilih 1 perpustakaan sekolah terbaik mewakili Provinsi Sulawesi barat ditingkat Nasional.

Sementara Kepala Madrasah MAN 2 Polewali Mandar Budiman, mengatakan madrasah yang dipimpinnya optimis bisa meraih juara pertama tingkat provinsi dan mewakili Sulbar di tingkat nasional. Optimis ini dilihat dari persiapan sekolah dalam mengikuti lomba mulai dari pengumpulan borang, berkas administrasi hingga sarana prasarana perpustakaan. Selain itu, pihak sekolah juga membuat website perpustakaan “Al Mujaddid””  yang nantinya bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Website ini kita lengkapi juga dengan buku digital.

“Insya Allah kami optimis bisa menjadi pemenang pada lomba ini, mulai sekarang kami terus berbenah untuk menciptakan perpustakaan yang memiliki standar pengolahan nasional, kami berupaya website perputaskaan Al Mujaddid ini terus bisa dikembangkan, agar kedepan bisa diakses di mana saja,” ungkap Budiman.

Ketika ditanya target dalam lomba perpustakaan sekolah, kata kepala madrasah berprestasi tingkat nasional ini bisa meraih yang terbaik. Namun, juara bukanlah target utama, tapi bagaimana mengedukasi warga sekolah, masyarakat untuk literasi dan menguatkan minat baca masyarakat sehingga bangsa Indonesia lebih maju dalam budaya membaca.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button