Politik

Pantarlih Kerja Keras, Coklit Pemilih di Bone Bolango Hampir Rampung

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Masa pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih untuk Pemilu 2024 akan berakhir pada tanggal 14 Maret 2023.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari KPU Bone Bolango, jumlah pemilih di Kabupaten Bone Bolango sesuai data hasil sinkronisasi DP4 dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang diterima dari KPU RI berjumlah 123.194 pemilih.

Kepada BeritaNasional.ID, Anggota KPU Kabupaten Bone Bolango, Humairoh U. Tipuwo mengungkapkan bahwa dari jumlah tersebut yang telah selesai dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sebesar 75,78% atau sebanyak 93.358 pemilih (update Selasa, 21/2/2023 pukul 15.00 wita).

Humairoh mengaku bahwa pihaknya sangat yakin proses coklit ini akan selesai tepat waktu. Bahkan Dia menyebutkan, pihaknya terus mendorong kepada Pantarlih untuk menyelesaikan coklit lebih cepat dari target waktu yang ditentukan.

“Kami yakin ini bisa (selesai tepat waktu) mengingat kinerja Pantarlih yang sangat baik,”tuturnya.

Wanita yang akrab disapa Iroh itu juga mengungkapkan bahwa keyakinannya tersebut karena ini bukan kali pertama coklit menggunakan aplikasi e-Coklit di Bone Bolango.

“Pada Pilkada 2020 KPU Kabupaten Bone Bolango sudah menggunakan aplikasi e-Coklit dan mendapat apresiasi dari KPU RI terbaik 3 Inovasi Teknologi Informasi Pelaksanaan Coklit data Pemilih tingkat Kabupaten/Kota,”ungkapnya.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Bone Bolango itu juga menyebutkan bahwa seluruh Komisioner KPU Kabupaten Bone Bolango terus memastikan proses coklit berjalan sesuai dengan regulasi dan tahapan yang sudah ditentukan.

“Kami senantiasa melakukan monitoring secara berjenjang dan dilakukan secara berkala. Harapannya tahapan coklit menghasilnya data pemilih yang mutakhir menuju DPT Pemilu 2024 yang akurat dan valid,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button