ACEHPolitik

Pantralih Lakukan Coklit Dikediaman Ketua DPD NasDem Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG — Coklit adalah sesuatu ikhtiar yang harus dilakukan secara maksimal, proses Coklit ini penting untuk memastikan hak suara semua warga negara tersedia. Mulai dari pendataan, ketersediaan logistic dan lain lain. Yang tidak kalah pentingnya seberapa besar tingkat partisipasi warga pada saat hari H nya warga mencoblos.

Hal itu dikatakan Ketua DPD NasDem Aceh Tamiang Maulizar Zikri usai menerima Tim Coklit yang terdiri KIP Aceh Tamiang,  PPK Kecamatan Manyak Payed,  PPS dan Pantralih Kampung Ie Bintah serta di dampingi Panwascam Manyak Payed berserta PKD kampung setempat di kediamanya Kampung Ie Bintah,  Kamis (9/3/2023).

Tim Coklit KIP Aceh Tamiang saat melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024 dikediaman Ketua DPD NasDem Aceh Tamiang Maulizar Zikri Kampung Ie Bintah Kecamatan Manyak Payed, Kamis (9/3/2023). For Beritanasional.id.

Menurutnya kehadiran Tim Coklit menjadi bukti keseriusan pemerintah, khususnya KPU, Bawaslu dan pemerintah dalam mensukseskan Pemilu 2024, sehingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari seluruh wilayah Aceh Tamiang dapat akurat, terverifikasi dan tepat.

“Ini tentunya saya apresiasi bahwa KIP Aceh Tamiang langsung hadir di sini, bersama PPK,  PPS,  Pantralih,  Panwascam dan PKD yang kita harapkan pemilu lancar, tentunya dengan prinsip jujur dan adil, dan itu yang dimulai dengan data yang terverifikasi oleh proses coklit ini,” ungkap Maulizar Zikri yang akrab disapa Dek Dan.

Dekdan menyampaikan, proses coklit yang kini terdigitalisasi lewat aplikasi e-Coklit sangat baik. Sebab, berbeda dengan proses coklit pada Pemilu 2019 yang masih konvensional, proses coklit saat ini dilakukan secara digital.

“Data DPT yang terekam secara langsung ter-update secara real time dan dapat dipantau langsung oleh masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu Dekdan mengimbau masyarakat untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2024. Masyarakat harus mendukung seluruh tahapan pesta demokrasi tersebut hingga selesai.

“Mari kita semua bersama menyukseskan dan mempermudah coklit (Pencocokan dan Penelitian) pemilih dengan memberikan data yang benar kepada petugas, ” harapnya.

Sementara itu Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM M. Khualid yang di kediaman Ketua DPD NasDem Aceh Tamiang mengatakan bahwa Coklit sangat penting untuk memastikan jumlah daftar pemilih yang akan mencoblos dalam Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya Petugas Pantarlih sudah melakukan coklit data pemilih dengan mendatangi rumah warga satu per satu, sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023 secara dan serentak di seluruh Indonesia.

Untuk Aceh Tamiang Ia menyebutkan realisasi pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk validitas data pemilih pemilu 2024 sudah mencapai 93 persen dari total pemilih 211.638 orang yang tersebar di 912 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 216 kampung se-Aceh Tamiang

” Hingga saat ini Coklit untuk validitas data pemilih untuk Pemilu 2024 sudah mencapai 93 persen atau sudah mencapai 191.775 dari total pemilih 211.638 orang,” sebutnya mengakhiri. ()

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button