Metro

Partai Hanura Umumkan Jagoannya, Refafi Gah Mendarat Ke Calon Wakil Gubernur NTT

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara resmi telah mengumumkan nama-nama para bakal calon Gubernur, Walikota, Wakil Walikota Kupang, Bupati serta Wakil Bupati di tahun 2024 mendatang dan menjadi yang pertama di Indonesia dari internal partai.

Ketua DPD Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Rafafi Gah, SH,M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Hanura merupakan satu-satunya partai politik yang saat ini Roda dan mesin partai bergerak di seluruh wilayah NTT, dan untuk itu kegiatan launching calon kepala daerah dan wakil kepala daerah merupakan satu komitmen besar partai dalam menjalankan amanah dan kiprah partai dalam pengkaderan atau pemilahan dan pemilihan calon kepala dan wakil kepala daerah baik dari calon gubernur, bupati dan wakil bupati.

“Partai Hanura NTT secara resmi sudah mengumumkan para bakal calon Gubernur, Walikota, Wakil Walikota Kupang dan kepala daerah,untuk semua tingkatan se-NTT, pada pemilu 2024 nanti. Nah partai Hanura menjadi partai pertama yang melakukan ini sebagai komitmen dalam menyambut perhelatan politik di 2024” tegas Refafi.

Refafi menjelaskan, tercatat sebanyak 35 nama bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur, walikota, Wakil Walikota, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada semua tingkatan yang diumumkan dalam acara launching pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Sabtu (30/04/2022), di Sekretariat DPD Hanura NTT.

Refafi mengatakan, alasan utama Partai Hanura NTT lebih dini mengumumkan hal tersebut, karena mereka ingin menunjukan bagaiman proses berdemokrasi secara luas dan terbuka.

Refafi juga mengemukakan alasan lain partai Hanura NTT mengumumkan secara dini nama-nama para bakal calon Gubernur, Walikota, Kepala Daerah untuk semua tingkatan di NTT, karena Partai Hanura NTT ingin membuat tradisi baru dalam perekrutan kader-kader partai mengikuti kompetisi dalam Pilkada 2024 mendatang. “Ini ditunjukan partai Hanura  NTT bagaimana proses berdemokrasi secara luas dan terbuka di ruang publik atau tidak lagi tertutup. Karena itu bisa dilihat nama-nama yang terjaring partai Hanura itu”, kata Refafi.

Ia menambahkan, pengumuman awal  nama-nama para bakal ini merupakan terobosan baru yang dibuat Ketua DPD Partai Hanura NTT  Refafi Gah, yang melihat bahwa proses rekrutmen kader selama ini berjalan tertutup dan terbatas pada kalangan sendiri.

Oleh karena itu DPD Partai Hanura NTT membuat kebijakan baru dengan membuka diri dan lebih luas memberi kesempatan kepada Kader Senior berpengalaman, perempuan hebat dan bukan sekedar memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan dalam pencalonan, dan kaum milenial yang produktif, kreatif, energic dan militant.

“Partai Hanura menyikapinya dengan memproses bakal calon kepala daerah dan bakal calon Gubernur, Walikota,  lebih awal. Nah dengan demikian kita punya waktu untuk program-program selanjutnya. Karena partai punya  prioritas otorisasi sendiri seperti, Memenangkan Pilkada 2024 dan Konsolidasi organisasi Partai.  prioritas itu harus jauh-jauh kita persiapkan oleh partai, baik dalam jenjang organisasi tingkat Provinsi dan Kabupaten-Kota, maupun di tingkat nasional. Proses ini berjalan terbuka dan dialogis,” tegasnya.

Partai Hanura, kata Refafi, akan membuktikan jati dirinya bahwa Hanura adalah salah satu partai yang tangguh. Partai Hanura akan melaunching dan mempertontonkan kepada publik orang-orang hebat Partai Hanura di konstelasi politik 2024 mendatang. “Saudara-saudaraku, kita buktikan kepada mereka di luar sana, bahwa Partai Hanura ditendang pun tidak jadi sampah, disanjung pun tidak jadi rembulan. Maka jangan ragu dengan Partai Hanura,” jelas Ketua DPD Hanura NTT yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi itu.

“saya mengibaratkan Hanura NTT seperti seorang gadis manis yang menanti pinangan besar. Siapapun punya hak menilai Hanura dari kacamata dan pemahaman yang berbeda, akan tetapi kader Hanura terus berjalan dan siap bertarung habis-habisan di tahun 2024”,ungkapnya.

Hermanus Man Wakil walikota Kupang (Foto: Aries Usboko/Bernas.ID)

Sementara Wakil Walikota, Hermanus Man Dalam arahannya, memberikan apresiasi kepada DPD Partai Hanura NTT yang telah lebih awal mengumumkan para bakal calon Gubernur, walikota dan bakal calon kepala daerah. Ia meminta para bakal calon harus benar-benar memahami daerah penugasannya masing-masing.

“Kalau tidak memahami daerah penugasan maka sulit beradaptasi atau melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan rasa simpati dari publik, juga bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan mendesak dari daerah penugasan, untuk selanjutnya bisa diatasi baik secara pribadi maupun secara bersama-sama dengan kader Hanura lainnya baik di eksekutif maupun di legislatif,” sebutnya. 

Ia mengatakan, dengan penjaringan dan pengumuman lebih cepat, Partai Hanura ingin menunjukkan tradisi baru membudayakan praktik berdemokrasi yang sehat dan terbuka untuk publik.

 “Dengan umumkan lebih cepat, Hanura ingin menyiapkan kader internal yang berkualitas dan membuka diri terhadap pihak luar yang bersiap diri maju pada pilkada 2024 melalui aturan dan mekanisme Partai Hanura,” katanya.

Wakil Walikota Kupang ini menambahkan,  daftar nama para bakal calon itu mewakili para tokoh berkualitas dari unsur senior berpengalaman, kalangan perempuan dan kaum muda milenial.

Ia menuturkan, setelah diumumkan nama-namanya para bakal calon diminta turun ke masyarakat memperkenalkan diri sehingga bisa dikenal masyarakat. “semua bakal calon yang diumumkan ini disurvei dari waktu ke waktu untuk melihat elektabilitasnya. Hasilnya nanti dievaluasi oleh pimpinan DPD Hanura baik Kabupaten dan Kota, DPD Hanura NTT dan DPP Partai Hanura pusat.

Pengumuman itu dibacakan langsung oleh Sekretaris DPD Partai Hanura NTT, Elias Koa, S.I.P, disaksikan langsung juga oleh Ketua Umum Partai Hanura Dr. Oesman Sapta Odang dan Sekjen Partai Hanura Kodrat Syah, yang tersambung secara virtual.

Sekretaris DPD Hanura NTT, Elias Koa, S.I.P saat membacakan nama-nama bakal calon. (Foto: Aries Usboko/Bernas.ID)

“Pada kesempatan ini atas izin Bapak ketua DPD Hanura NTT, maka saya akan mengumumkan nama-nama yang kemudian sudah jadi keputusan DPD Partai untuk maju dan berjuang memenangkan Pilkada tahun 2024”,kata Sekretaris DPD Hanura NTT.

Adapun nama-nama yang dibacakan yakni;

NAMA BAKAL CALON GUBERNUR NTT

  1. Viktor Bungtilu Laiskodat

NAMA BAKAL CALON WAKIL GUBERNUR

  1. Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd
  2. Drs. Yosep Nae Soi, M.M

NAMA BAKAL CALON WALIKOTA :

  1. Elias Koa, S.I.P
  2. Melkianus Rudolf Balle, SH.,M.Hum
  3. Adrian Manafe, S.H.,M.H
  4. Ir. Petrus Christian Mboeik
  5. Ir. Alexander Foenay
  6. dr. Hermanus Man

NAMA BAKAL CALON WAKIL WALIKOTA

  1.  Indra W. Erwin Gah, SE., M.Sc
  2. Luisa Redempta Yosheline Lana, SH
  3. Diana O. Bire, S.Sos
  4. Dominggus Kalehia
  5. Mokrianus Imanuel Lay
  6. Lesli A. Lay, S.H
  7. Melki J. Saek, S.T., M.Si
  8. Nouvi S. Rihi., S.Pd, M.Pd
  9. Hamdan Saleh Batjo

NAMA BAKAL CALON BUPATI KABUPATEN FLORES TIMUR

  1. Drs. Fransiskus Diaz Allfi, MM
  2. Michael M.O.F Leway, ST
  3. Dr. Drs. Y. A. T. Lukman Riberu
  4. Yoseph Sani Betan
  5. Stefanus Ola Demon, ST., MT
  6. Antonius Doni Dihen
  7. Dr. Keron A. Petrus, SE, MA

NAMA BAKAL CALON WAKIL BUPATI KABUPATEN FLORES TIMUR

  1. Siprianus Woka Ritan, SE

NAMA BAKAL CALON BUPATI KABUPATEN LEMBATA

  1. Yohanes De Rosari, SE
  2. Dr. Thomas Ola Langoday,SE, M.Si
  3. Herman Wutun
  4. Petrus Sinu Manuk

NAMA-NAMA BAKAL CALON WAKIL BUPATI LEMBATA

  1. Yoseph Meran Lagaur, S.I.Kom
  2. Stanis Kebesa Langoday, SE
  3. Juprianus Lamabelawa, SH. MH
  4. Drs. Petrus Toda Atawolo
  5. Ir Lukas Witak Lipatama

Turut hadir para ketua dalam kegiatan tersebut, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten/Kota  Se-NTT, anggota DPRD Provinsi NTT, DPRD Kabupaten/Kota asal Partai Hanura, Bakal Calon Walikota Kupang, Alexander Foenay, Dr,Hermanus Man, Calon Bupati Lembata Simon Petrus Manuk,  Jajaran pengurus Partai  Hanura Provinsi NTT dan  Kabupaten/Kota. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button