BanjirDaerahJawa TimurKadesRagamSitubondo

Pasca Diterjang Banjir, Tangkis dan Sejumlah Fasilitas Wisata Kampung Kerapu Situbondo Rusak

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Pasca diterjang banjir dari perbukitan di sisi selatan jalur pantura, fasilitas tangkis dan fasilitas Wisata Kampung Kerapu, di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo mengalami kerusakan, Kamis (29/12/2022).

Keterangan yang disampaikan Kepala Desa Klatakan, Narwiyoto mengatakan, pada saat itu, air dari atas bukit yang berada di sisi selatan jalur pantura langsung menyeberang jalan lalu menghantam Wisata Kampung Kerapuh. “Airnya mengalir dari atas bukit itu sangat deras sehingga tidak mampu menahan tangkis,” terang Kades Narwiyoto dihadapan sejumlah Wartawan.

Lebih lanjut, mantan Wakil Ketua DPRD Situbondo dari Fraksi PDI Perjuangan itu menjelaskan, bukan hanya air yang mengalir deras dari atas perbukitan. Namun, material batu kerikil juga ikut terbawa derasnya air banjir dari perbukitan menghantam tangkis sebelah barat hingga rusak.

“Kendati fasilitas meja kursi untuk pengunjung rusak akiabat diterjang banjir dari atas perbukitan, tapi hingga saat ini, wisata Kampung Kerapu yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) itu masih di buka dan akan diperbaiki,” teranga Kades Klatakan.

Peristiwa banjir seperti ini, kata Narwiyoto, terjadi setiap tahun saat musim hujan. Luapan air dari atas bukit tidak bisa dihindari mengingat perbukitan milik perhutani tersebut hampir gundul. “Diatas perbukitan banyak pohon yang sudah tumbang, sehingga wajar apabila air tidak bisa tertampung dan mengalir ke bawah,” jelas Kades Klatakan. (As’ad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button