Daerah

Pastikan Petani Tidak Merugi, PG Asembagus Buka Lahan Baru Untuk Tanam Tebu

BeritaNasional.ID,
SITUBONDO – Guna memenuhi kuota bahan baku penggilingan, Pabrik Gula (PG) Asembagus terus melakukan penambahan lahan baru untuk di tanami tebu. Penambahan lahan baru kali ini berlokasi di PT Baluran Indah.

Lahan seluas kurang lebih 360 hektar yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini diharapkan mampu memenuhi stok tebu yang akan digiling di PG Asembagus.

Selain karena konservasi mesin gilingnya baru, penambahan lahan ini juga diharapkan dapat mensejahterahkan warga sekitar yang menjadi tenaga kerja nantinya.

Tak tanggung-tanggung, kurang lebih 300 orang yang dibutuhkan untuk dapat menjadi tenaga tebang saat musim panen datang.

Sementara untuk tenaga harian rata-rata dibutuhkan sekitar tiga puluh orang yang bertugas sebagai kontrol hingga perawatan tanaman.

Hari ini, Sabtu (26/8/17) sendiri merupakan awal tanam tebu. Sebelum melakukan penanaman perdana, para undangan petani sekitar, kepala desa, tokoh masyarakat setempat melakukan kenduri dan selamatan di tengah lahan.

Manager PG Asembagus, Achmad Barnas mengatakan, saat ini pabrik yang dikelolanya baru 50 persen bahan baku yang masuk. Karena itu, penambahan lahan baru terus dilakukan guna memenuhi target giling.

“Lahan disini cocok, yaitu iklim kering dan air cukup. Untuk itu warga juga diharapkan ikut serta menanam tebu. Selain mudah perawatannya, petani tebu dipastikan tidak akan pernah mengalami rugi,” ujar Barnas di lokasi lahan baru, Sabtu (26/8/17).

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pengairan Wongsorejo, Puput Waskitoadi, berharap pihak PG terus melakukan koordinasi terkait kebutuhan air. Ia akan melakukan penambahan debit air jika dibutuhkan dilokasi penanaman tebu. Sehingga para petani lainnya tidak akan dirugikan.

“Walaupun air berlimpah dari waduk Bajulmati, tapi koordinasi dan kontrol air tetap harus dilakukan. Apalagi kebutuhan air untuk tanaman tebu cukup banyak,” tegas Puput.

Selain itu, perbaikan saluran air yang ada di dalam PT Baluran Indah juga perlu di parbaiki.

“Karena banyak yang rusak termakan usia. Sehingga air tidak terbuang sia-sia jika debit air dinaikkan,” urai puput di hadapan para petani dan anggota Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA). (Heri Capung)

Caption : Pembukaan lahan baru tanaman tebu di PT Baluran Indah Wonorejo, Situbondo

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close