Jawa Timur

Peduli Kesehatan Warga Binaan Permasyarakatan, Lapas Probolinggo Gelar Pemeriksaan WBP

BeritaNasional.ID,PROBOLINGGO – Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap minggunya, bekerjasama dengan dokter dan perawat Kota Probolinggo, Jum’at (11/11).

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik.

Pelayanan yang tersedia bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Reky Arif Rahman, selaku Kasubsi Perawatan menyampaikan gelaran ini sendiri rutin dilaksanakan 4 kali dalam satu bulannya setiap hari sabtu guna mengecek kesehatan para WBP yang sedang menjalankan masa pidananya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Lapas Probolinggo, Risman Somantri, berharap pemeriksaan kesehatan di Rutan Tamiang Layang agar berkesinambungan. Jangan ada diskriminasi, jangan ada perbedaan, pintanya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dan perawat meliputi pemeriksaan fisik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dengan difokuskan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai faktor resiko seperti obesitasi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum.

 

***Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button