GorontaloWisata

Terungkap, Banyak Wisatawan Yang Datang Ke Wisata Hiu Paus Di Bone Bolango Sebelum Pergi Ke Pulau Togean, Ini Penyebabnya !

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Pimpinan Aston Gorontalo Hotel & Villas, Alain John-John Siwy mengungkapkan bahwa banyak dari wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Togean terlebih dulu singgah atau mengunjungi Wisata Hiu Paus yang ada di Kabupaten Bone Bolango atau tepatnya di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.

Hal ini diungkapkan Alain John-John Siwy saat diwawancarai awak media usai penandatanganan kerjasama promosi wisata antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dengan manajemen Aston Gorontalo Hotel & Villas yang berlangsung disela-sela pembukaan Bimbingan Tehnis Pengelolaan Keuangan Daerah yang digelar di Ballroom Aston Gorontalo Hotel & Villas, Kamis (10/11/2022) malam.

“Sebenarnya sudah cukup lama kami mempromosikan Wisata Hiu Paus di Botubarani. Misalnya seperti didalam lift itu ada promosi tentang hiu paus,. Sehingga banyak tamu yang bertanya ini (hiu paus) dimana,”kata Dia.

Diungkapkan juga bahwa banyak dari para wisatawan yang menambah jadwal satu hari menginap di Aston karena masih ingin mengunjungi wisata Hiu Paus di Botubarani.

“Bahkan banyak para tamu kami yang menambah jadwal menginap karena masih ingin mengunjungi wisata Hiu Paus. Itu turis yang mau ke Togean,”ungkapnya.

Cukup dekatnya jarak tempuh ke wisata Hiu Paus dari Hotel Aston dan jadwal keberangkatan kapal ferry ke Togean yang berangkat sore hari dari Gorontalo, memungkinkan para wisatawan itu masih memiliki waktu di pagi hari untuk mengunjungi wisata Hiu Paus.

“Biasanya mereka (wisatawan) langsung ke Togean. Cuma karena dekat sekali, sehingga mereka masih menyempatkan waktu di pagi hari untuk ke Hiu Paus. Karena kalau tidak salah kapal ferry itu berangkatnya ke Togean sore hari,”sambungnya.

Alain John-John Siwy juga menyebut rencananya untuk membuatkan roadmap (peta perjalanan) wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Gorontalo dimana dalam roadmap itu pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan menjadikan Gorontalo termasuk Bone Bolango bukan hanya sebagai pintu masuk tetapi juga pintu keluar.

“Pernah ada yang seharusnya Dia (wisatawan) pergi ke Sulawesi Tengah, itu balik lagi ke Gorontalo dan pulang lewat Gorontalo. Jadi dia masuk lewat Gorontalo pulangnya pun lewat Gorontalo. Nah ini yang ingin kami diskusikan dengan Dinas Pariwisata Bone Bolango untuk membuat roadmap bagaimana perjalanan wisata itu tidak hanya pintu masuk tetapi juga pintu keluar,”paparnya.

Menurutnya, hal ini dapat terwujud karena ada di Kabupaten Bone Bolango banyak potensi destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

“Ini perlu banyak destinasi wisata. Di Bone Bolango banyak potensi wisata terbaru. Misalnya ada wisata air terjun di Ilohuuwa. Saya sudah pernah kesana,”ujarnya.

Sebagai komitmen kerjasama promosi wisata antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dengan pihak manajemen Aston Gorontalo Hotel & Villas ini, Alain John-John Siwy mengatakan bahwa salah satunya bentuk kerjasama itu adalah mereka akan menampilkan seluruh destinasi wisata Bone Bolango melalui TV Commercial Ads yang ada di ruang publik Aston Gorontalo Hotel & Villas dimana dalam TV Commercial Ads tersebut berisi QR Code dan informasi Potensi Destinasi Wisata Bone Bolango.

“Jadi promosi tentang wisata di Bone Bolango akan kami masukin ke TV kami. Namanya TV Commercial Ads. Nanti para tamu semua bisa nonton. Kami akan explore seluruh tempat wisata di Bone Bolango sehingga seluruh tamu akan bisa melihatnya lewat TV kami tersebut,”pungkasnya.

Diketahui bahwa selain melakukan kerjasama promosi wisata antara dengan pihak manajemen Aston Gorontalo Hotel & Villas, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango juga telah bekerjasama dengan pihak Grand Q Hotel Gorontalo. Penandatanganan kerjasama dengan Grand Q Hotel Gorontalo tersebut dilakukan di Halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (10/11/2022) pagi.

Dengan adanya kerjasama promosi wisata ini, para wisatawan yang akan berkunjung ke Gorontalo akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang destinasi wisata di Kabupaten Bone Bolango melalui sebuah aplikasi yang disebut dengan Sistem Informasi Promosi dan Harmoni Pariwisata yang Maju dan Unggul ( SIP-HPMU).

SIP HPMU adalah sistem informasi yang diluncurkan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango yang menyatukan seluruh pemangku kepentingan kepariwisataan di Kabupaten Bone Bolango. Mulai dari Hotel, Transportasi , Tour Guide hingga Pengelola Objek Wisata, yang pada muaranya adalah bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan akuntabel kepada wisatawan tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango sehingga wisatawan menjadi lebih dimudahkan mendapatkan informasi paket wisata serta mendapat kepastian harga yang akan dikeluarkan untuk berwisata di Kabupaten Bone Bolango, sehingga ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan pada akhirnya akan menaikkan Pendapatan Asli Daerah Kabupate Bone Bolango.

Dengan SIP HPMU akan tercipta sinergitas antara pemangku kepentingan yakni Hotel, pengelola transportasi wisata, Tour Guide serta pengelola objek wisata sehingga memudahkan berkoordinasi satu dengan yang lainnya dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk wisatawan yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

Disisi yang lain, SIP HPMU pula menjadi wadah bagi pengelola objek wisata dalam melaporkan jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Bone Bolango, sehingga dengan data tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan di bidang pariwisata di Kabupaten Bone Bolango. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button