BondowosoDaerahJawa TimurTMMD

Pembangunan Gapura TMMD Bondowoso Hampir Finishing, Juga Melestarikan Budaya Lokal

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – anggota Satgas TMMD ke 116 kodim 0822 Bondowoso kebut pengerjaan pembuatan gapura yang terletak di desa Pecalongan, berbatasan dengan desa Kerang Kecamatan Sukosari, Jum’at (2/6).

Gapura tersebut dibangun untuk membuktikan bahwa di dua Desa (Kerang dan Pecalongan) tersebut pernah ada kegiatan TMMD ke 116. Gapura sebagai saksi bisu yang akan selalu dikenang oleh warga Bondowoso, hususnya warga dua Desa.

Danpos 0822/06 Jambesari Peltu Wiwit, penanggung jawab pembuatan gapura menyampaikan pengerjaan gapura di lakukan secara bertahap. Tidak boleh terburu buru, agar hasil yang di peroleh lebih baik dan kokoh.

“Sampai saat ini, pembangunan gapura sudah hampir mencapai finish, tinggal plesterisasi dan plamer saja. Artinya, bangunan tersebut sudah siap di lounching,” kata Wiwit, sapaannya.

Pembangunan gapura ini merupakan sebuah hadiah kepada warga masyarakat Bondowoso, hususnya warga dua Desa. Sebenarnya pembangunan gapura ini di merupakan sasaran fisik tambahan.

Disamping itu, untuk menjaga kearifan lokal, Satgas TMMD Ke-116 Kodim 0822 menggelar selamatan untuk menghargai dan menghormati budaya luhur masyarakat setempat.

Do’a bersama tersebut digelar di rumah Bapak Burawi Warga Dusun Krajan Desa Kerang Kecamatan Sukosari. Pahalanya dihaturkan kepada seluruh leluhur yang sudah meninggal dunia.

Kehadiran Satgas TMMD Ke-116 Kodim 0822 Bondowoso di tengah-tengah acara do’a tersebut sebagai salah satu bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat.  Dilibatkannya mereka, mengindikasikan bahwa kehadiran TNI diterima oleh warga setempat.

Menurut Babinsa Kerang, Koramil 0822/12 Sukosari, Koptu Jumari, selamatan itu biasa dilakukan warga Dusun Krajan dan Dusun lainnya di wilayah Desa Kerang. ”Acara seperti ini, biasanya dilaksanakan apabila ada kegiatan besar, seperti hajatan, pesta pernikahan, pembangunan tempat ibadah, panen raya, dan lain-lain. Jadi ini sudah mentradisi,” ungkapnya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button