Timor Leste

Pemerintah TL Akan Beri Nama Taman Motael Jadi Taman Sevastiao Gomes

image_pdf

BeritaNasional.ID, Timor Leste – Pemerintah Timor Leste  ke-VIII akan memberi nama taman Komite 12 November di Moael menjadi taman Sevastiao Gomes karena tempat itu adalah sebuah sejarah perjuangan.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Reformasi Legislatif dan Hubungan Parlamen Fidelis Manghalaes kepada para wartawan di Gedung Keuangan Negara  Aitarak Laran Dili Selasa, (17/9/2019).

Dijelaskannya bahwa pihaknya sudah menerima informasi tentang taman Komite 12 November itu akan mengantikan nama yang cocok di tempat  depan Gereja Motael. Dan sesuai dengan Komisi yang itu akan mencari nama lain untuk mengantikan nama taman 12 November itu.

Tetapi dari komisi itu sudah memilih nama yang tepat yaitu nama Sevastiao Gomes.  Dan menurut sejarah TL yang ada bahwa Sevastiao Gomes adalah seorang pemuda yang tertembak TNI Indonesia di Depan Gereja Motael pada waktu itu. Karena taman adalah milik pemerintah maka itu pemerintah harus menjaga dan merawat dengan baik.

Taman tersebut dibangun pemerintah bermaksud untuk meningkatkan sejarah yang ada. Dan taman itu pemerintah menghabiskan uang sebesar kurang lebih  $ 95.000 Dolar Amerika.

“Pihak pemerintah melalui kementrian para wisata dan industri sudah menerima nama yang cocok dari komisi untuk mengantikan nama taman Komite 12 November didepan Gereja Motael akan di beri nama Sevastiao Gomes,”tandasnya.

Ketua  Komisi 12 November Grigorio Saldanha mengatakan bahwa ia menerima dengan delapan dada atas inisiatif tersebut karena taman itu pemerintah yang merawat dan melindunggi selama ini. Karena ia meminta kepada pemerintah agar tempat sejarah harus dilindungi supaya generasi yang Akan datang harus mengetahui yang sebenarnya.

“Saya menerima dengan delapan dada karena pemerintah bisa merawat dan menjaga taman itu dan taman itu meman cocok memberi nama Taman Sevastiao Gomes,”tuturnya.(Justinho)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close