AsahanDaerah

Pemkab Asahan Gelar Bimbingan Teknis SMKK

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I Banda Aceh menggelar bimbingan teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Tahun 2022 bertempat di aula kantor Dinas PUTR setempat, Selasa (15/11/2022).

Dalam laporannya Kepala Dinas PUTR Kabupaten Asahan Agus Jaka Putra Ginting SH, MM kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Kesehatan, Inspektorat, dan UKPBJ Kabupaten Asahan.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis yang mewakili Bupati menyampaikan Bimtek SMKK ini merupakan salah satu upaya mewujudkan visi dan misi Kabupaten Asahan, yaitu mewujudkan masyarakat Sejahtera yang Religius dan Berkarakter. Karena untuk dapat mewujudkan hal itu salah satunya adalah kemajuan di bidang infrastruktur. Dan kemajuan infrastruktur tidak lepas dari proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Dalam pelaksanaan konstruksi, kata Muhilli, dibutuhkan petugas keselamatan konstruksi. Yaitu orang yang memiliki kompetensi khusus di bidang keselamatan konstruksi dalam melaksanakan dan mengawasi penerapan SMKK yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi kerja konstruksi sesuai dengan Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2021 tentang pedoman SMMK.

Sedangkan Irma Suryani Lubis SE perwakilan BJKW I Banda Aceh yang hadir dalam acara itu menyampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan bimbingan teknis tersebut adalah Undang – Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Surat Edaran Menteri PUPR Nomor : 14/SE/M/2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi Tahun Anggaran 2019, Permen PUPR Nomor 21/PRT/M/2019 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi dalam Bidang Pekerjaan Umum.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button