DaerahSUMUT

Pemkab Melalui Dinas Perkim Batubara Bantu 381 RTLH T.A 2021

BeritaNasional.ID, Batubara – Pemkab Batubara melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) berupaya merenovasi rumah masyarakat yang tidak layak melalui bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH), ditahun 2021 ini sebanyak 381 penerima untuk masyarakat se-Kabupaten Batubara.

Kadis Perkim Batubara Norma Deli Siregar melalui Kabid Perumahan Danil S saat dikonfirmasi diruangannya Kamis, (09/09/2021) mengungkapkan bahwa terhitung dari tahun 2019-2021 sebanyak 1.700 Rumah Tak Layak Huni telah mendapatkan bantuan, masing-masing tersebar di setiap Kecamatan se-Kabupaten Batubara.

“Pada tahun ini di 2021, sebanyak 381 RTLH sudah di renovasi yang bersumber dari dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan DAK,” katanya.

Dari APBD, Pemkab Batubara salurkan sebanyak 207 penerima RTLH, 124 unit rumah dari dana DAK dan dari Dana APBD Provinsi Sumatera Utara sebanyak 50 penerima, dan keseluruhan program bedah rumah tersebar diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Batubara.

Adapun nominal bantuan yang disalurkan sebesar Rp. 15.000.000 per unit RTLH, dengan rincihan Rp. 12.500.000 untuk bahan bangunan (matrial), dan sisanya Rp. 2.500.000 untuk dibayarkan upah tukang.

Diharapkan pula ada swadaya dari masyarakat penerima bantuan, baik itu berupa material bangunan maupun tenaga sebagai swadaya tukang bangunan.

Rumah warga saat direnovasi melalui bantuan RTLH Pemkab Batubara
Teks foto: Rumah warga saat direnovasi melalui bantuan RTLH Pemkab Batubara.

Danil menerangkan bahwa pada tanggal (07/09) lalu, Ibu Nurmisah yang baru saja mendapatkan bantuan dari relawan dan masyarakat setempat, juga termasuk salah satu penerima bantuan RTLH, namun tidak di tahun ini, melainkan pada Anggaran Tahun 2022 mendatang.

“Pemkab Batubara terus berupaya sebisa mungkin akan terus menyalurkan bantuan kepada penerima bantuan RTLH, bisa melalui APBN, APBD dan DAK, akan kita lakukan,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadis Perkim melalui Kabid Perumahan nya menegaskan bahwa, yang berhak mendapatkan bantuan tentu saja rumah yang tak layak, yang disertakan dengan kepemilikan surat tanah yang sah dan atas nama yang akan dibantu.

Terpisah, Ibu Nurmisah yang dikunjungi Ketua BK3S Maya Indrianasari SE didampingi Kadis Perkim Norma Deli Siregar saat di wawancarai, berterima kasih dan senang atas bantuan yang diterimanya dari masyarakat, dan Relawan.

“Karena sebelumnya tidak layak huni, ondak tumbang, atap banyak bocor, tapi sekarang rumah udah mulai bagus. Alhamdulillah, saya mendapatkan bantuan ini, semoga Relawan dan masyarakat mendapatkan balasan dari Allah SWT, Bapak Bupati dan Ibu selalu mendapatkan kesehatan dan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT,” ujar Nurmisah. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button