RagamSitubondo

Penantian & Doa Puluhan Tahun Warga Dusun Kocapeh Desa Alastengah Bisa Menikmati Aliran Listrik, Kini Terkabul

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – PT PLN (persero) UID Jawa Timur UP3 Situbondo ULP Besuki menggandeng Yayasan Nasim Khan Indonesia (NKI) membuka pengoperasian jaringan listrik di dusun Kocapeh Desa Alastengah Kecamatan Sumbermalang Kabuparen Situbondo, Jawa Timur. Kamis 16/09/2021.

Korwil NKI wilayah barat Kabupaten Situbondo Efendi (39) mengatakan jaringan listrik di dusun Kocapeh memang sudah dinantikan oleh masyarakat dusun Kocapeh sejak puluhan tahun.

“Sudah 76 tahun indonesia merdeka, masyarakat dusun Kocapeh belum pernah menikmati aliran listrik, berkat perjuangan tanpa lelah Wakil rakyat kita di DPR RI yaitu Bapak Nasim Khan sekaligus pendiri NKI berkomunikasi dengan PT PLN akhirnya jaringan listrik nanti bisa dinikmati oleh sekitar 64 KK dimana jeringan listrik ini sudah diharapkan masyarakan sejak puluhan tahun, ” beber efendi.

ia pun menjabarkan, dusun Kocapeh nantinya bukan akhir dari jaringan listrik, karena goegrafis Desa Alastengah dan kecamatan Sumberalang yang berada di bawah kaki pegunungan Rengganis, di atas dusun Kocapeh masih banyak perkampungan yang di huni ratusan Kepala Keluarga.

“Ini hanya awal, karena di dusun Kocapeh masih banyak lagi perkampungan masyarakat, kita berharap kehadiran listrik selama 24 jam dapat dirasakan oleh swmua masyarakat yang tinggal di pegunungan, serta bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas masyarakat pegunungan Desa Alas Tegah dan masyarakat Kecamatan Sumber Malang,” Jelasnya.

Korwil NKI juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Desa Alas tengah karena sudah memfasilitasi pembukaan jaringan dengan lancar.

“Alhamdulilah berkat bantuan pihak pemeritahan Desa Alastengah, pembukaan jaringan ini berjalan lancar, semoga masyarakat dusun Kocapeh dapat memanfaatkan energi listrik tersebut lebih produktif, sehingga perekonomian masyarakat Desa Alastengah semakin meningkat,” tukasnya.

Untuk mencapai dusun Kocapeh Desa Alastengah, Kecamatan Sumber Malang, diperlukan perjalan selama 30 menit dari jalur pantura, dengan jalan berkelok – kelok terjal dan harus melewati tikungan tajam menanjak karena pegunungan.

Salah seorang masyarakat Dusun Kocapeh bernama Wara (70) mengaku sangat bersyukur atas listrik yang dapat dinikmati warga dusun Kocapeh tanpa henti sekarang. 

 
“Alhamdulilah, kami masyarakat Dusun Kocapeh mengucapkan terima kasih yang berlipat ganda kepada PLN dan bapak Nasim Khan, karena listrik sudah bisa kami rasakan 24 Jam, kami tidak memberi apa-apa kepada PLN dan semua orang yang telah memperjuangkan, tetapi kami haturkan dengan ucapan doa,” singkat Wara . 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button