Ragam

Perayaan Ulang Tahun Bertahtanya Yang Mulia Kong Co Tan Hu Cin Jin Dihadiri Ribuan Umat

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Ribuan umat Konghucu (Tionghoa) berdoa untuk keselamatan Indonesia khususnya kota Banyuwangi pada puncak perayaan ulang tahun bertahtanya Yang Mulia Kong Co Tan Hu Cin Jin di TITD Tik Liong Tian, Desa/Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (15/12/18) malam.

Selain umat yang berada di sekitaran Kabupaten Banyuwangi, ribuan umat lain tampak datang dari Jawa, Bali dan Lombok. Mereka berdoa di upacara sembayang sujud bhakti yang digelar setiap setahun sekali ini.

“Untuk tahun ini kami fokuskan berdoa untuk Indonesia dan pemimpin-pemimpinnya agar diberi kekuatan, kedamaian dan terus bisa menjaga persatuan karena beberapa minggu terakhir keadaan Indonesia sedang panas dan bergejolak,” ujar Irwan Kusnanto, selaku ketua panitia kegiatan ulang tahun ke 103 ini.

Selain menggelar doa bersama, mereka juga menggelar bakti sosial pemberian sembako untuk masyarakat yang tidak mampu serta “nanggap” wayang kulit semalam suntuk di halaman kelenteng yang berdiri sejak tahun 1915 ini. Antusias masyarakat sekitar sangat luar biasa.

Bahkan dalam perayaan ini juga ditampilkan tari tarian yang kental dengan beberapa cerita kehidupan sehari-hari, serta ada Tarian Nusantara yang di peragakan oleh beberapa ibu-ibu dan juga di lakukan oleh pemuda pemudi yang sangat kreatif dan inovatif. Di samping itu yang bikin ramai adalah kedatangan 2 artis dan penyanyi dari Ibu Kota Jakarta yaitu Danang KDI bersama rekannya.

Tampak hadir Camat Rogojampi Nanik Machrufi, Kapolsek AKP Agung Setya Budi, Danramil Kapten Sikahar, Ketua SKUB Kab. Banyuwangi, Ketua Fosi Togamas Drs H Nanang Nur Ahmadi, Kades Rogojampi Hj Jamilah, Ketua Yayasan Tik Liong Tian Linggawati Wijaya bersama tamu undangan lainnya.

Kelenteng Tik Liong Tian didirikan oleh Lin Jin Feng, salah seorang pedagang di wilayah Rogojampi, Banyuwangi pada tahun 1915. Awalnya kelenteng pribadi tersebut dibangun sendiri oleh pemiliknya di belakang rumah tinggalnya dan pada tahun 1958. Selanjutnya dibuka sebagai kelenteng umum setelah diberikan dan dikelola oleh Perhimpunan Warga China yang ada di Banyuwangi.

Selain untuk berdoa, kelenteng yang berada tepat di Pasar Rogojampi tersebut juga sering dijadikan kegiatan festival keagamaan serta pendidikan bahasa Mandarin serta pusat kegiatan masyarakat Tionghoa yang ada di Banyuwangi. 

“Harapan kami sebagai Ketua Yayasan dan mewakili seluruh panitia yang terlibat, semoga warga Banyuwangi dan seluruh warga Indonesia akan terus saling bersatu, menghormati, dan bareng bareng menjaga keamanan, kenyamanan antar umat beragama dan sebagai warga Indonesia. Semoga semuanya selalu sehat, banyak rizki dan tahun depan bisa lebih meriah dari tahun ini,” terang Linggawati Wijaya, yang sudah 7 tahun menjadi Ketua Yayasan Tik Liong Tian dengan wajah berbinar.

Kegiatan ini ditutup dengan lantunan lagu artis Danang. Dengan suara yang bisa membangkitkan semangat dan bisa menghidupkan suasana malam itu, Danang mampu membius para tamu dengan interaksi suaranya yang luar biasa. (Oni)

Caption : Foto2 saat kegiatan perayaan ulang tahun bertahtanya Yang Mulia Kong Co Tan Hu Cin Jin di TITD Tik Liong Tian di Desa/Kecamatan Rogojampi

Tags
Show More

Related Articles

Close