Daerah

Peringatan HAB di Galus Berjalan Sukses dan Lancar

BeritaNasional.ID-Gayo Lues-Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-74 di Kabupaten Gayo Lues, Aceh berjalan sukses dan lancar. Upacara Peringatan tersebut berlangsung di halaman  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Negeri 1 Blangkejeren, Jum’at (03/01/2020).

Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H. Said Sani yang bertindak sebagai Insfektur, dalam sambutan Kementerian Agama yang dibacakannya, membuka kilas balik berdirinya Kementerian Agama Republik Indonesiasia tersebut, dimana  Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama yakni Mohammad Rasjidi.

Kementerian Agama lahir ditengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia sebagai bagian dari perangkat negara dan pemerintahan.

“Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945,” jelas Said Sani.

UUD pasal 29 yang menegaskan “Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing serta beribadat menurut kepercayaan masing-masing,”

Dalam negara Pancasila siapapun dan dengan alasan apapun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian, dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda.

“Demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan idiologi negara,” kata Said Sani.

Peringatan HAB yang dihadiri sejumlah kepala sekolah dan Kementerian Agama Gayo Lues tersebut berjalan sukses dan lancar. Wakil Bupati juga turut menyerahkan hadiah kepada sejumlah siswa sekolah yang berfrestasi(Abu Bakri)

 

 

 

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button